Gambar Pertama Virus Corona Telah Dirilis

Gambar Virus Corona Yang Didapat Melalui Mikroskop

Kamis, 13 Februari 2020, Rocky Mountain Laboratories (RML) telah mengungkapkan beberapa gambar pertama SARS-CoV-2.

Gambar pemindaian dengan Mikroskop Elektron yang memnjukkan SARS-CoV-2 (Kuning) diantara sel manusia (merah). Gambar diambil dari seorang pasien di AS yang dikarantina. (Image Credit:  NIAID-RML)
Saat ini virus corona telah menyebabkan setidaknya 1.486 orang meninggal dunia dan 64.170 orang terinfeksi menurut data dari coronavirus.app taggal 14 Februari 2020 dalam wabah yang dimulai dari Wuhan.

Virus sendiri merupakan gumpalan infeksi kecil yang terbuat dari DNA atau RNA yang terbungkus dalam mantel protein. Virus terlalu kecil untuk dilihat oleh mikroskop tipikal cahaya.

Para peneliti di Rocky Mountain Laboratories (RML) mencitrakan sampel virus dan sel yang diambil dari pasien AS yang saat ini tengah dikarantina karena terinfeksi oleh Virus COVID-19 yang merupakan nama baru untuk penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 atau virus corona.

Pemberian nama baru untuk virus corona di umumkan secara langsung oleh WHO ( Organisasi Kesehatan Dunia ) yang memberi nama virus corona dengan istilah baru COVID-19.

Dengan menggunakan dua mikroskop resolusi tinggi yaitu Mikroskop Pemindai Elektron dan Mikroskop Transmisi Elektron.

Keduanya menggunakan sorotan elektron yang terfokus daripada sorotan cahaya untuk gambar sampel

Gambar pemindaian dengan Mikroskop Elektron, yang menunjukkan Virus Corona (kuning) diantara sel manusia (selain warna kuning). (Image Credit: NIAID-RML)
Virus SARS-CoV-2 atau COVID-19 terlihat mirip dengan virus yang sebelumnya pernah menyerang daerah di Timur Tengah yakni MERS-CoV yang muncul pada tahun 2012, dan sindrom pernafasan akut parah atau SARS-CoV yang muncul pada tahun 2002

Ini karena ketiga Virus tersebut berada dalam keluarga yang sama dengan Virus Corona, diberi nama corona karena tampilan virus yang mirip dengan bentuk mahkota. kata "corona" dalam bahasa latin berarti "Mahkota"

ini adalah gambar hasil Mikroskop Transmisi Elektron yang menunjukkan virus corona baru yang muncul dari permukaan sel manusia. (Image Gambar: NIAID-RML)
Saat ini Pemerintah China masih berusahan dengan maksimal untuk menangani virus corona agar tidak menyebar lebih jauh. Bahkan Inggris menyebutkan bahwa Virus Corona ini merupakan ancaman yang besar bagi umat manusia, karena jumlah angka kematian telah melebihi wabah SARS dan MERS.


Sumber: Live Science

Belum ada Komentar untuk "Gambar Pertama Virus Corona Telah Dirilis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel