Informasi Lengkap Aligator, Habitat, Ciri-Cirinya

Berikut ini kami akan memberikan informasi lengkap tentang aligator, habitatnya, serta ciri-ciri aligator agat kita mudah dalam membedakannya.

Aligator adalah hewan reptil yang termasuk dalam genus Alligator atau famili dari Alligatoridae. Aligator juga merupakan kerabat dekat dengan kelompok hewan buaya.

Aligator mendapatkan namanya berasal dari kedua kata yakni " El Laganto " yang berarti sang Kadal dan " Allegatra " yang berarti Kadal Rawa. Yang kemudian diserap oleh bangsa Inggris dan memanggilnya dengan sebutan Aligator.

Gambar Aligator


Rata-rata aligator dapat mencapai panjang hingga 4 meter dengan bobot sekitar 360 kg, tetapi terkadang aligator dapat tumbuh hingga 4,4 meter dengan berat sekitar 450 kg. Dengan catatan aligator terbesar yang pernah ditemukan di Louisiana dengan ukuran 5,8 meter.

Aligator umumnya berwarna hitam atau coklat zaitun gelap dan berwarna putih di bagian perut. Saat remaja, biasanya aligator mempunyai tanda putih atau kuning yang akan memudar seiring bertambahnya usia.

Informasi Lengkap Aligator

Habitat Aligator

Saat ini habitat asli aligator hanya ada di dua negara yakni, Amerika Serikat Dan Tiongkok. Umumnya habitat Aligator adalah di rawa - rawa, kolam, daratan basah, hingga sungai yang semua merupakan lingkungan air tawar.

Namun Aligator Tiongkok terancam punah keberadaannya, dan saat ini hanya terdapat di lembah sungai Yangtze. Berbeda dengan Aligator Amerika Serikat yang populasinya mencapai 1 Juta lebih.

Ketika aligator membuat sarang dilahan basah, mereka akan meningkatkan keanekaragaman tanaman dan menyediakan habitat bagi hewan lain selama kekeringan.

Oleh karena itu aligator juga dianggap sebagai spesies penting untuk menajaga keanekaragaman ekologi

Cara Berkembang Biak Aligator

Aligator juga termasuk hewan ovipar yang berkembang biak dengan cara bertelur. Biasanya masa kawin aligator pada musim semi atau ketika air terasa agak hangat.

Dalam sekali bertelur, aligator dapat menghasilkan 20 hingga 70 butir yang akan di benamkan di gundukan tanah yang bercampur dengan dedaunan.

Jenis kelamin aligator ditentukan berdasarkan suhu sarang, jika suhu diatas 40 derajat celcius atau lebih dapat dipastikan akan memiliki jenis kelamin jantan, jika kurang dari suhu tersebut akan menghasilkan aligator betina.

Perilaku Aligator

Aligator merupakan hewan penyendiri dan teritorial, yang artinya akan mempertahankan wilayah utamanya.

Seperti kebanyakan reptil lainnya yang berdarah dingin, aligator juga akan keluar dari air dan membuka mulutnya ketika berjemur untuk meningkatkan suhu tubuhnya.

Aligator dapat bergerak di darat dengan dua bentuk penggerak yang disebut sprawl dan high walk.

Sprawl adalah gerakan maju atau berjalan dengan menempelkan perut ditanah yang biasa digunakan ketika berpindah ke tempat tinggi atau ketika meluncur di lahan basah.

Sedangkan High Walk adalah gerakan maju atau berjalan dengan empat tungkai yang digunakan selama perjalanan didarat dengan perut tidak menyentuh tanah.

Aligator tidak seperti keluarga buaya besar lainnya, mereka tidak langsung menganggap manusia sebagai mangsa ketika pertama kali bertemu. Tetapi mungkin masih menyerang apabila merasa terganggu.

Makanan Aligator

Aligator merupakan jenis hewan karnivora yang artinya pemakan daging. Mangsa utamanya adalah ikan atau reptil kecil lainnya.

Aligator dapat membunuh mangsa yang lebih besar dari ukuran tubuhnya dengan cara menerkam dan menyeretnya ke air.

Jenis makanan yang dimakan oleh aligator berbeda setiap ukuran dan usianya. Ketika muda mereka memakan ikan, serangga, siput, cacing. Namun setelah berukuran besar dan dewasa mangsa yang berukuran besarpun akan ia ambil.

Perbedaan Buaya dengan Aligator

Perbedaan besar antara buaya dan aligator adalah bentuk moncongnya, Umumnya moncong buaya meruncing dan mirip dengan huruf "V", sedangkan moncong aligator lebih lebar dan mirip dengan huruf "U".

Hampir semua bangsa buaya memiliki ekor dengan otot yang kuat yang biasanya digunakan untuk membantunya berguling di air untuk mengoyak daging mangsanya.

Penggunaan Manusia

Buaya dibesarkan secara komersial untuk diambil daging serta kulitnya untuk dibuat menjadi koper, tas, sepatu, ikat pinggang dan barang yang terbuat dari kulit lainnya.

Selain diburu, bangsa buaya juga memberikan manfaat ekonomi dengan cara memanfaatkannya di industri ekowisata, seperti melakukan tur rawa, dimana buaya merupakan fitur utamnya.

Itulah informasi mengenai aligator yang telah kami rangkum untuk kalian dan semoga membantu kalian yang tengah mencari informasi tentang aligator.

Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Informasi Lengkap Aligator, Habitat, Ciri-Cirinya"