Informasi Lengkap Bangsa Kadal, Habitat, Ciri Ciri

Berikut kami akan memberikan informasi lengkap mengenai bangsa kadal terkait habitatnya, ciri cirinya hingga makanan utamanya.

Sebelum memulai jangan salah paham terlebih dahulu, kadal yang saya maksud disini bukan kadal kebun yang biasa orang indonesia maksud, tapi bangsa kadal yang merupakan bagian dari Ordo Squamata.

Kadal tumbuh memanjang ditanah dengan empat kaki yang membantunya merayap, lebih mirip dengan buaya, hanya saja ukurannya tidak sebesar bangsa buaya dan memiliki ciri khas yang berbeda diantara keduanya.

Kadal juga merupakan salah satu contoh reptil, yang masih memiliki banyak jenis dan ukuran yang beragam dengan variasi warna atau pola yang berbeda pula.

Informasi lengkap Bangsa Kadal atau Subordo Lacertilia

Informasi Lengkap Subordo Lacertilia atau Bangsa Kadal

Deskripsi Kadal

Kadal atau biasa disebut bengkarung adalah kelompok reptilia ( Sebutan yang mengarah pada reptil yang berkaki empat ) dengan sisik yang hampir menutupi seluruh tubuhnya.

Bangsa kadal atau biasa disebut Subordo Lacertilia tersebar banyak diseluruh dunia dengan jenis dan ukuran yang beragam.

Bangsa kadal mencakup antara lain, cicak, tokek, biawak, komodo, bunglon, iguana, dll. Di Indonesia sendiri kadal biasa digunakan untuk menunjuk hewan reptil yang berukuran kecil, padat, kulit yang licin dan berkilau seperti kadal kebun.

Saat ini, setidaknya bangsa kadal terdiri dari 40 suku dengan bentuk tubuh, pola, ukuran dan warna yang bervariasi.

Sebagian jenis kadal mempunyai sisik yang berkilau dan licin, serta sebagian lainnya memiliki sisik yang keras dan kasar.

Beberapa jenis kadal seperti cicak dan tokek memiliki bulu - bulu khusus dikaki yang membuatnya berbeda dengan jenis kadal lainnya dan dapat menempel pada permukaan atau memanjat pohon atau dinding.

Habitat Kadal

Kadal merupakan salah satu reptil yang sukses berkembang di dunia dan dapat dengan mudah ditemui di berbagai semua habitat seperti hutan, gurun pasir, padang rumput, sawah, kebun, rawa dan bahkan di pemukiman kota.

Mereka akan banyak menyebar diberbagai kondisi tempat asalkan disana terdapat makanan kesukaan mereka.

Bahkan terdapat beberapa jenis kadal yang hidup di laut dan dapat berenang di laut serta makan rumput laut sebagai makanan utamanya.

Namun kadal tidak dapat bertahan lama di daerah pegunungan atau di tempat dengan suhu rendah karena mereka merupakan hewan berdarah dingin.

Kebiasaan Kadal

Tidak semua, namun sebagian kadal lebih aktif di siang hari dan sebagiannya lagi aktif di malam hari untuk berburu mangsa.

Hampir semua kadal memerlukan sinar matahari, oleh karena itu mereka terkadang berjemur untuk meningkatkan suhu tubuhnya.

Kadal lebih sering sendiri dalam berburu mangsa dan hanya aktif saling berkomunikasi ketika musim kawin tiba dengan menggunakan isyarat ekor atau suara tertentu.

Tak jarang kadal jantan lebih sering berkelahi ketika musim kawin untuk memperebutkan betina atau untuk menjaga wilayahnya.

Kadal liar umumnya akan pergi menjauh apabila terdapat manusia atau hewan lainnya, namun apabila mereka terpojok, mereka kan melindungi dirinya entah dengan mengeluarkan suara atau dengan menggigit.

Namun terdapat beberapa jenis kadal seperti cicak, dapat memutuskan ekornya untuk mengecoh predator agar ia dapat melarikan diri dan segera bersembunyi.

Makanan Kadal

Kadal termasuk dalam hewan omnivora ( pemakan daging dan tumbuhan ), tapi dapat dipastikan bahwa hampir semua jenis kadal lebih menyukai daging.

Kadal biasanya akan memangsa serangga sebagai makanan utama seperti belalang, nyamuk,larva serta beberapa cacing atau reptil lain yang berukuran lebih kecil dari tubuhnya.

Namun terdapat jenis kadal yakni Komodo, yang dapat berburu mamalia sebagai makanan utamanya seperti babi hutan, rusa, kijang.

Dan Iguana laut yang lebih sering makan rumput laut daripada daging.

Reproduksi kadal

Kebanyakan kadal berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar, namun terdapat beberapa jenis kadal yang berkembang biak dengan cara melahirkan atau ovovivipar.

Telur kadal biasanya berwarna putih yang terdiri dari cangkang pada lapisan luar serta selaput pada lapisan dalam.

Saat sebuah telur kadal menetas, biasanya bagian tubuhnya yang keluar terlebih dahulu adalah ekor, dan jenis kelamin kadal biasanya juga di tentukan melalui suhu, yakni suhu udara rendah menghasilkan betina dan sebaliknya suhu udara tinggi akan menghasilkan jantan.

Ciri Ciri Kadal

Bangsa kadal memiliki beberapa ciri khas diantaranya adalah
  • Memiliki pola pada tubuhnya
  • Sebagian kadal memiliki duri yang membentang di tulang belakangnya
  • Hampir seluruh tubuhnya di tutupi oleh sisik
  • Sebagian jenis kadal memiliki kulit yang seperti berkilau dan licin
  • Sebagian memiliki jambul dibawah lehernya
Itulah beberapa informasi mengenai bangsa kadal atau Subordo Lacertilia terutama tentang habitat, makanannya, ciri cirinya, hingga bagaimana mereka bereproduksi
Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tidak ada komentar untuk "Informasi Lengkap Bangsa Kadal, Habitat, Ciri Ciri"