Informasi Lengkap Caiman,Kadal Berukuran Besar Yang Hidup Di Amerika

Berikut ini merupakan informasi lengkap yang telah kami rangkum tentang caiman, salah satu jenis buaya yang ada di dunia.

Saat ini terdapat 6 jenis berbeda dari caiman yang tersebar, dan mereka semua merupakan hewan karnivora dengan makanan utama adalah ikan.

Caiman merupakan buaya yang berukuran kecil dibanding jenis buaya lainnya dengan berat rata-rata maksimal adalah 6 hingga 40 kg, terkecuali caiman hitam yang merupakan spesies caiman terbesar yang dapat tumbuh hingga panjang mencapai 4 meter dengan berat mencapai 400 kg.

Informasi lengkap Caiman


Berbeda dengan caiman hitam yang merupakan spesies caiman terbesar di dunia dan dapat ditemukan di sungai dan danau dengan aliran air lambat yang mengelilingi cekungan amazon, Cuvier Dwarf Caiman merupakan spesies terkecil jenis caiman.

Cuvier dwarf caiman tumbuh hingga panjang mencapai 1,2 hingga 1,5 yang membuatnya mendapat predikan jenis kaiman terkecil didunia.

Informasi Lengkap Caiman, Habitat, Ciri - Cirinya

Deskripsi Caiman

Caiman adalah reptil yang merupakan anggota dari keluarga buaya yang ukurannya relatif kecil dan banyak ditemui di Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko.

Caiman sangat mirip dengan buaya atau aligator karena memang masih kerabat dekat. Umumnya spesies caiman betina ukurannya cenderung lebih kecil dari jantan.

Mereka biasanya berwarna cokelat kusam, abu - abu, atau hijau yang dapat membantu menyamarkan tubuhnya ketika berburu mangsa.

Caiman tergolong hewan nocturnal yang akan lebih aktif ketika malam hari untuk mencari mangsa dibanding siang hari.

Makanan Caiman

Caiman merupakan hewan jenis karnivora yang artinya pemakan daging, saat muda mereka akan memakan amfibi,ikan kecil, serangga air, siput.

Dan saat sudah dewasa, mereka cenderung memangsa mamalia atau vertebrata yang lebih besar seperti babi hutam, rusa, kijang.

Namun saat iklim benar - benar kering, air tempat mereka berburu menjadi dangkal, mereka dapat saling membunuh satu sama lain untuk bertahan hidup.

Habitat Caiman

Caiman liar secara alami dapat dan mudah ditemui di Amerika Selatan, hingga Meksiko. Namun saat ini caiman juga tengah dijadikan hewan peliharaan, entah pribadi atau di kebun binatang.

Terkadang juga caiman ada di beberapa tempat yang tidak seharusnya karena melarikan diri dari peternakan, dibebaskan pemiliknya, atau lainnya.

Caiman menyukai rawa, hingga sungai atau danau dengan aliran air bergerak lambat di perairan air tawar.

Perilaku Caiman

Caiman merupakan predator yang mirip seperti buaya dan aligator, dimana makanan mereka adalah ikan, serangga, burung, mamalia, atau reptil kecil lainnya.

Caiman muda memiliki musuh alami yakni anaconda dan jaguar yang merupakan predator pemburu caiman, selain itu manusia juga merupakan predator utama caiman yang mengincar kulit serta daging caiman.

Selama musim panas atau musim kekeringan, paling parah adalah air akan surut dan menjadi dangkal, namun caiman dapat menggali lubang dan berhibernasi melewati musim panas atau biasa disebut Aestivasi.

Selain itu, perilaku lain caiman adalah ketika betina kan bertelur, mereka akan membangun sarangnya bisa lebih dari 1,5 meter dan menghasilkan 10 hingga 50 butir dengan masa pengeraman kurang lebih 6 minggu.

Dan telur yang telah menetas, induk caiman akan segera membawanya ke air dangkal untuk berenang dan belajar berburu.

Caiman biasanya lebih aktif ketika malam hari untuk berburu, dan menghabiskan sebagian harinya dengan menenggelamkan diri di dalam air atau lubang yang telah digali di pinggir sungai.

Caiman juga biasanya hidup dalam kelompok kecil, dan beberapa lainnya hidup sendiri dan menjelajahi wilayah yang kecil

Dan berikut telah kami rangkum beberapa pertanyaan terkait caiman

Ciri Ciri Caiman

  • Rahang caiman lebih lebar tetapi tidak sepanjang rahang buaya jenis lainnya.
  • Rahang seperti mirip bentuk huruf "V".
  • Gigi tidak kelihatan saat moncongnya tertutup.
  • Hidup di perairan air tawar.
  • Caiman memiliki mata yang lebih menonjol dibanding jenis buaya lainnya.

apakah caiman dapat dijadikan hewan peliharaan yang baik ?

Jawabannya adalah tidak. Caiman tergolong jenis buaya yang sulit untuk ditangani, sulit berdiam diri di rumah atau kandangnya, dan mahalnya biaya perawatannya.

Caiman atau jenis buaya lainnya sekalipun telah dijinakkan, pada dasarnya mereka adalah hewan agresif dan dapat dengan tiba - tiba menyerang penjaga atau pemiliknya sendiri dan menimbulkan luka serius.

selain itu, kebanyakan orang memelihara caiman saat mereka masih kecil, tetapi tidak memikirkan ukuran dan kekuatannya setelah tumbuh dewasa.

Dan caiman dewasa membutuhkan kandang yang besar dan kuat, serta membutuhkan sumber air yang besar.

Dan itulah beberapa informasi lengkap terkait salah satu contoh reptil famili buaya yaitu caiman, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua.
Terimakasih

1 komentar untuk "Informasi Lengkap Caiman,Kadal Berukuran Besar Yang Hidup Di Amerika"

  1. Mantap informasi sangat lengkap sekali gan. Request artikel dong tentang lizard agama 🦎

    BalasHapus

Posting Komentar