Informasi Lengkap Gavial, Habitat, Ciri Cirinya

Berikut kami akan memberikan informasi lengkap terkait gavial mengenai habitatnya, ciri cirinya, makanannya, serta informasi lainnya.

Gavial merupakan reptil yang diklasifikasikan kedalam ordo crocodilia yang merupakan famili dari Gavialidae, dengan habitat aslinya didaerah anak benua India.

Masyarakat India lebih mengenalnya dengan sebutan Gharial, dan ini merupakan salah satu dari tiga buaya asli India.

Gavial pernah banyak mendiami dari sungai Irrawaddy hingga Sungai Indus ketika jumlah gavial masih banyak dan belum terancam punah.

Informasi Lengkap Gavial

Informasi Lengkap Habitat, Ciri Ciri, Hingga Makanan Gavial

Deskripsi Gavial Atau Gharial

Gavial atau yang lebih dikenal dengan Gharial adalah buaya pemakan ikan dengan habitat asli di bagian Utara anak benua India serta merupakan salah satu contoh reptil crocodilia terpanjang dari semua crocodilia yang hidup saat ini.

Saat ini gavial terancam punah dengan kategori kritis pada daftar merah IUCN, dengan diperkirakan kurang dari 235 ekor, dan terus mengalami penurunan dalam 70 tahun terakhir.

Sebelum terancam punah, gavial dapat dengan mudah ditemui di sepanjang tepi sungai Irrawaddy hingga sungai Indus.

Namun dikarenakan hilangnya habitat tepi sungai, hingga penurunan sumber daya makan terkait penangkapan ikan oleh manusia membuat populasi gavial menurun hingga terbatasnya penyebaran mereka hanya 2% dari wilayah mereka sebelumnya.

Karakteristik Atau Ciri Ciri Gavial

Ciri khas gavial adalah bentuk moncongnya yang tipis dan memanjang yang berbeda dari jenis buaya lainnya seperti Crocodile, Alligator, dan Caiman, ini merupakan bentuk adaptasi dari gavial yang merupakan pemangsa ikan.

Gavial biasanya berwarna zaitun gelap atau cerah dengan lurik di bagian atas kepalanya hingga ekor yang terlihat seperti bintik - bintik.

Gavial Jantan dapat tumbuh hingga mencapai ukuran panjang 6 meter, walaupun ukuran umum gavial hanya mencapai panjang 4,5 meter.

Gavial dewasa biasanya memiliki leher yang panjang dan tebal dengan jari - jari yang sangat pendek namun berselaput tebal yang biasanya digunakan untuk bermanuver didalam air ketika berburu ikan.

Selain itu gavial mendapatkan namanya juga karena ciri khas yang ada di ujung moncongnya,yakni tonjolan yang menyerupai pot gerabah.

Dalam moncong gavial yang tipis dan panjang, terdapat 110 gigi tajam yang saling mengait, dengan 27-29 gigi atas, 25-26 gigi bawah di masing - masing sisi.

Habitat Gavial dan Penyebarannya

Dahulu gavial berkembang pesat di semua sungai besar disepanjang anak benua India, namun saat ini gavial sulit ditemui di semua sungai anak benua India dan hanya terdapat beberapa sungai.

Gavial di hidup daerah sungai dengan perairan air tawar, dengan habitat asli di anak benua India.

Makanan Gavial

Gavial adalah hewan karnivora dan hanya makan daging, dengan makanan utamanya adalah ikan. Evolusi moncong gavial dan selaput jari - jarinya yang tebal diyakini merupakan untuk berburu ikan dan bermanuver dengan cepat ketika berada di air.

Mengingat bahwa ikan hanya makanan utama gavial, ini juga menjadi penyebab berkurangnya populasi gavial dikarenakan penangkapan ikan oleh manusia yang merupakan mangsa utama gavial.

Keberadaan ikan yang berkurang dan kurang mendukungnya sistem ekonomi penyebaran ikan menyebabkan gavial kelaparan hingga akhirnya mati.

Reproduksi Gavial

Umumnya gavial betina memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding gavial jantan dengan hanya panjang tubuh mencapai 2,6 meter.

Biasanya gavial akan memulai musim kawin di sekitar pertengahan februari hingga akhir musim dingin.

Dan pada saat kemarau, gavial betina akan melakukan migrasi 80 - 120 km jauhnya untuk bergabung dengan kelompok gavial betina lainnya dan menggali sarang bersama.

Biasanya gavial betina akan memilih sarang yang berlokasi di pasir dekat tepi sungai atau endapan lumpur yang tidak jauh dari sungai.

Sarang gavial biasanya mempunyai kedalaman hingga 20 sampai 55 cm dengan diameter sekitar 50 sampai 60 cm.

Hingga akhirnya pada akhir maret atau awal april mereka akan bertelur dan akan menghasilkan hingga 20 - 95 telur dengan masa inkubasi selama kurang lebih 71 hingga 93 hari.

Dan diatas adalah informasi yang dapat kami berikan mengenai Gavial atau Gharial terkait habitat, ciri cirinya, hingga habitatnya.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Tidak ada komentar untuk "Informasi Lengkap Gavial, Habitat, Ciri Cirinya"