Informasi Lengkap Tuatara, Habitat, Ciri Ciri

Berikut kami akan memberikan informasi lengkap tentang Tuatara seperti habitatnya, ciri cirinya, hingga makanan utamanya.

Tuatara merupakan binatang endimik Selandia Baru yang kini tengah terancam punah keberadaannya, yang dulunya tersebar banyak di pulau - pulau di Selandia Baru, namun kini hanya terbatas di dua pulau saja.

Tuarata ikut dalam bagian Ordo Sphenodontia dan merupakan satu satunya anggota ordo tersebut yang masih bertahan hingga saat ini.

Ordo Sphenodontia atau yang sering disebut ordo Rhynchocephalia adalah bangsa reptil yang memulai perkembangannya sekitar 200 juta tahun yang lalu.

Informasi Lengkap Tuatara

Informasi Lengkat Terkait Habitat, Ciri-Ciri, Hingga Makanan Tuatara

Deskrispi Tuatara

Tuatara adalah satu satunya contoh reptil dari Ordo Rhynchocephalia yang merupakan reptil endemik asli Selandia Baru.

Dahulu pada puncak perkembangannya, tuatara banyak tersebar di hampir seluruh pulau di Selandia Baru, namun karena sistem reproduksi dan perkembangannya yang tergolong lambat daripada reptil lainnya, menyebabkan populasinya saat ini terancam punah.

Seperti reptil bangsa kadal, namun bukan keluarga kadal. Tuatara juga dapat berganti kulit layaknya iguana, dengan rentang waktu sekali dalam satu tahun untuk tuatara dewasa, dan  3 hingga 4 kali dalam satu tahun untuk tuatara remaja.

Perilaku Tuatara

Tuatara tergolong dalam hewan nocturnal yang artinya mereka akan lebih aktif pada malam hari untuk berburu mangsa, dan akan menghabiskan siang dengan berjemur di bawah sinar matahari untuk menghangatkan tubuhnya.

Walaupun lebih aktif dimalam hari, terkadang tuatara muda mencari makan di siang hari, karena menghindari kanibalisme oleh tuatara dewasa saat malam hari.

Tuatara biasa hidup berkoloni dengan menempati lubang - lubang yang sebelumnya dipakai oleh sarang burung, atau menggali lubangnya sendiri.

Habitat Tuatara

Tuatara merupakan binatang endemik yang artinya hanya dapat ditemui di wilayah tertentu, yaitu di Selandia Baru atau New Zealand.

Tuatara biasa hidup tidak jauh dari lepas pantai, dengan hidup berkoloni di semak semak atau di dekat bebatuan.

Makanan Tuatara

Seperti kebanyakan reptil pada umumnya tuatara juga merupakan hewan karnivora yang lebih suka makan daging.

Umumnya tuatara akan berburu katak, serangga, anak burung atau beberapa reptil lainnya yang lebih kecil darinya.

Sementara itu tuatara muda akan lebih berhati - hati ketika berburu malam hari, karena tuatara dewasa tidak segan - segan menyerang tuatara muda.

Ciri Ciri Tuatara

Apabila dilihat secara kasat mata, tuatara lebih mirip dengan famili iguana, namun terdapat beberapa perbedaan mendasar antara lain.
  • Berwarna hijau kecokelatan
  • Ukuran tuatara jantan lebih besar dari betina
  • Perut Tuatara jantan lebih ramping dari betina
  • Memiliki pola mirip mata di bagian atas kepalanya
  • Mempunyai sisik berbentuk duri di sepanjang tulang belakangnya
  • Memiliki tonjolan berbentuk duri dibagian perut dan punggung serta ekornya.

Reproduksi Tuatara

Salah satu penyebab terancamnya populasi tuatara adalah karena sistem reproduksi tuatara yang tergolong lambat dibanding reptil lainnya.

Untuk mencapai usia dewasa, membutuhkan hingga 10 - 20 tahun agar tuatara dapat mencapai kematangan seksual.

Biasanya musim kawin tuatara terjadi pada pertengahan musim panas, dan tuatara jantan akan membuat kulitnya berwarna lebih gelap.

Tuatara jantan tidak memiliki alat kelamin, namun memiliki hemipene atau organ intromittent yang digunakan untuk mengirimkan sperma ke betina selama persetubuhan.

Betina akan bertelur setiap empat tahun sekali, karena tuatara betina membutuhkan waktu 1 hingga 3 tahun untuk membuat telur yang sempurna dengan kuning telur serta membutuhkan 12 hingga 15 bulan untuk menetas.

Usia rata - rata tuatara adalah sekitar 60 tahun, namun mereka dapat hidup hingga mencapai umur 100 tahun lebih dengan kondisi alam yang memungkinkan.

Itulah beberapa informasi lengkap terkait habitat, ciri ciri tuatara hingga makanannya yang telah kami rangkum untuk kalian.

Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Tidak ada komentar untuk "Informasi Lengkap Tuatara, Habitat, Ciri Ciri"