Informasi Lengkap Ular, Habitat, Ciri Ciri

Berikut ini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai ular seperti habitatnya, ciri ciri dan beberapa informasi lainnya.

Banyak sekali jenis ular diluar sana, beragam ukurannya, polanya hingga tingkat keagresifan ular itu sendiri.

Saat ini ular yang paling terkenal mematikan bukanlah king cobra, namun adalah ular jenis taipan yang menyandang predikat ular nomor 1 paling mematikan didunia.

Dan untungnya ular paling mematikan tersebut hanya terdapat dipedalaman, dan belum pernah ada ular taipan berkeliaran di pemukiman atau perkotaan.

Informasi lengkap ular

Informasi lengkap Bangsa Ular, Habitatnya, Ciri Cirinya

Deskripsi Ular

Ular adalah Sekelompok reptil yang tidak mempunyai kaki serta tumbuh dengan memanjang dan tersebar luas di berbagai dunia.

Ular merupakan bagian dari Ordo Squamata dan tergolong dalam subordo serpentes yaitu bangsa ular.

Tubuh ular di penuhi sisik layaknya kadal, namun ular masih klasifikasikan dalam cabang Ophidia atau reptilia menjalar.

Diperkirakan ular merupakan evolusi dari kadal tanah sejak jaman jurassic atau sekitar 163 juta tahun yang lalu.

Ciri Ciri Ular


  • Bertubuh panjang dan tidak memiliki kaki.
  • Ular tidak memiliki pendengaran sama sekali
  • Ular tidak memiliki kelopak mata yang dapat dibuka dan ditutup
  • Lidah ular bercabang dua
  • Ular memiliki hidung yang hanya untuk bernapas
  • Memiliki organ pengenal bau bernama Jacobson
  • Beberapa jenis ular memiliki Organ Termoreseptor untuk mendeteksi suhu lingkungan

Habitat Ular

Ular juga merupakan salah satu reptil selain kadal yang mampu beraptasi dengan lingkungannya dengan sangat baik.

Ular dapat ditemukan hampir diseluruh habitat seperti hutan, rawa, laut, sawah, gurun, padang pasir, padang rumput, danau, dataran tinggi, pemukiman manusia, perkebunan , dll.

Namun seperti kebanyakan reptil lainnya, ular tidak dapat ditemui di tempat dengan suhu rendah seperti puncak gunung atau daerah lingkar kutub.

Sebagian ular akan hidup di tanah dan sebagian akan bergelantungan di pohon, dan juga terdapat beberapa spesies yang menghabiskan hampir seluruh waktunya berada di air seperti green anaconda atau ular golongan Hydrophiidae ( Ular Laut ).

Makanan Ular

Ular tergolong dalam hewan karnivora yang berarti mereka hanya makan daging. Umumnya mereka akan memakan berbagai jenis hewan yang memiliki ukuran lebih kecil dari tubuhnya.

Mereka akan memakan burung, mamalia kecil, kodok, atau telur reptil, namun beberapa jenis ular seperti anaconda atau ular sanca dapat memangsa kambing, rusa, kijang, dan bahkan manusia.

Ular akan memakan seluruh mangsanya tanpa sisa dan mampu mengkonsumsi mangsa dengan ukuran 3 kali dari ukurannya.

Selain itu ular juga mempunyai gigi yang menghadap kebelakang sehingga menahan mangsanya agar tetap dimulut dan menelannya bulat - bulat dan tidak melarikan diri.

Perilaku Ular

salah satu perilaku khas dari ular yaitu memakan mangsa bulat - bulat tanpa sisa, dan tanpa mengkunyahnya terlebih dahulu.

Hal ini karena juga ular tidak mempunyai gigi untuk mengunyah mangsanya melainkan berfungsi untuk menahan mangsanya agar tidak lepas dan menelannya dengan bagian kepala terlebih dahulu.

Beberapa jenis ular yang tidak berbisa, membunuh mangsanya dengan cara melillitnya hingga tak bernapas, dan ular yang memiliki bisa dapat membunuh mangsanya dengan lebih cepat.

Seperti kebanyakan reptil lainnya, ular akan berjemur untuk meningkatkan suhu tubuhnya karena ular termasuk hewan berdarah dingin.

Dan untuk ular yang hidup didaerah sub tropis, akan berhibernasi selama musim dingin serta ular juga berganti kulit 3 hingga 6 kali dalam satu tahun.

Reproduksi Ular

Hampir 70% dari semua jenis ular berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar dan akan meletakkan telur - telurnya yang berjumlah dari satuan hingga ratusan dalam lubang tanah, gua, lubang dalam kayu yang lapuk, atau dibawah timbunan tanah dan daun - daun.

Dan beberapa jenis ular berkembang biak dengan dengan cara ovovivipar atau bertelur dan melahirkan, tetapi telur - telurnya tersimpan dalam perutnya.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai habitat hingga ciri ciri ular. Saat ini ada lebih dari 2.900 spesies ular yang tersebar diseluruh dunia.

Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

Tidak ada komentar untuk "Informasi Lengkap Ular, Habitat, Ciri Ciri"