Begini Cara Tepat Memotivasi Diri sendiri Agar Tidak Malas

Rasa malas merupakan sebuah hal wajar yang dialami semua manusia, diperlukan motivasi yang extra untuk melawan rasa malas.

Kebanyakan orang akan menemui titik jenuh dan malas ingin melakukan apa saja, di titik inilah kita akan melawannya atau membiarkannya.

cara memotivasi diri dengan tepat untuk melawan rasa malas

Bagaimana Memotivasi Diri Dan Melawan Rasa Malas ?

Sebenarnya terdapat beberapa cara dalam meningkatkan motivasi diri sendiri dan mengubah hidup kita dalam melawan rasa malas yang berlebihan.

Ini tergantung seberapa kuat tekad kalian dalam melawan rasa malas yang terkadang membuat frustasi dan putus asa.

Melawan rasa malas memanglah hal sepele, tapi apabila kita hanya membiarkannya dan menikmati kemalasan tersebut.

Hanya akan membuat hidup kita kacau, karena setiap kita akan mengerjakan sesuatu pasti akan terasa malas.

Hal ini karena tubuh sudah terbiasa dengan rasa malas dan enggan untuk diajak bekerja hingga hasilnya kita tidak akan pernah memulai sesuatu.

Berikut Adalah Tips Bagaimana Memotivasi Diri Ketika Kita Merasa Malas

1. Gambarkan Tujuan Kita Dalam Mengerjakan Tugas Tersebut

Ketika kita merasa malas, kita cenderung mencari alasan untuk tetap bermalas malasan dan melupakan tugas atau pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan.

Memotivasi Diri Agar Tidak Malas


Jika diperlukan, gambarkan lah tujuan kita dalam sebuah kertas dan tempel di benda yang mudah dilihat oleh kita sendiri.

Contonya adalah Ingin Mencapai IPK Tinggi agar kedepannya hidup mapan, Atau untuk karyawan dapat berupa jenjang karir atau demi keluarga.

Kita dapat memajang foto keluarga kita agar semakin bersemangat dan mampu melawan rasa malas.

Dengan menggambarkan tujuan akan membuat otak mengingat aksi yang telah kita lakukan, hal ini berguna sebagai memori yang sewaktu-waktu dapat mengingatkan kita kembali.

2. Fokus Pada Satu Tujuan

Terkadang ketika kita melihat tumpukan kertas yang banyak, kita cenderung melewatinya dan mengabaikannya.

Untuk menghindarinya, kita dapat melawannya dengan memaksa diri kita fokus pada satu langkah. Menipu diri sendiri dengan cara mengatakan 1 lagi, setelah selesai paksa lagi untuk mengerjakan 1 lagi.

Dengan begitu tanpa kita sadari mood kita akan membaik dan mampu melawan  rasa bermalas malasan.

Hal lain yang membuat metode ini merupakan cara ampuh melawan rasa malas adalah adanya kemajuan yang kita buat saat fokus pada satu tujuan.

Apabila kita mengerjakan banyak tugas sekaligus itu hanya akan membuat otak merasa cepat kelelahan dan akhirnya mengalami kebosanan dalam melakukannya.

Ini bukan karena kita lambat mengerjakan sesuatu satu per satu dan tidak bisa melakukan banyak hal sekaligus.

Tetapi ini lebih ke kemajuan yang kita perbuat, walaupun itu hal kecil jika kita berhasil menyelesaikannya itu akan membuat kita merasa puas dan membuat mood kita menjadi lebih baik.

Lebih baik memulai langkah kecil daripada tidak sama sekali.

3. Katakan Pada Diri Sendiri Bahwa Kita Akan Menyelesaikannya

Terkadang, yang perlu kita lakukan hanyalah memberi sedikit dorongan pada niat. Ini dapat berupa, kita harus segera menyelesaikannya agar dapat jalan dengan pasangan atau keluarga.

Dengan begitu kalian akan mendapat dorongan yang lebih melawan rasa malas. Pembicaraan diri sendiri yang positif akan menuju pada pemikiran positif dan dilanjutkan dengan tindakan.

Semua berawal dari niat, jika kita berniat menyelesaikannya, sesulit apapun pasti tetap akan ada jalan keluarnya.

Dorongan untuk menambah niat tidak harus datang dari kita sendiri, sedikit semangat dari pasangan atau keluarga akan dapat membantu kita menyelesaikannya.

Jangan malu untuk memberi tahu keluarga atau pasangan bahwa kamu sedang mengerjakan sesuatu dan minta mereka untuk memberi dorongan untuk menambat niat dalam mengerjakan.

4. Suap Dirimu Sendiri

Jika kalian benar - benar tidak ingin melakukan sesuatu, maka suaplah dirimu sendiri. Ini dapat kita lakukan dengan memberi penghargaan kecil setelah selesai mengerjakannya atau sebelum memulai.

Memotivasi Diri Agar Tidak Malas


Atau dapat dengan menyuapnya menggunakan kopi sebelum memulai, atau setelah selesai kita dapat pergi menonton bioskop, atau acara tv.

Dengan adanya sesuatu yang di tetapkan, keinginan kita untuk menyelesaikan sesuatu cenderung meningkat.

Menyuap diri sendiri berguna untuk mempertahankan pemikiran yang positif selama kita mengerjakan, karena dengan pemikiran yang positif dapat mempertahankan keseriusan kita dalam mengerjakan.

5. Tetapkan Tujuan Yang Pasti Terhadap Diri Sendiri

Untuk beranjak dari kenyamanan tempatmu bermalas - malasan, kita dapat menetapkan tujuan seperti harus menyelesaikan 5 artikel, Mengerjakan 2 Presentasi untuk perusahaan hari ini.

Memotivasi Diri Agar Tidak Malas


Menetapkan tujuan dan tenggat waktu, dapat memberikan kita sebuah dorongan untuk memulainya.

Jangan salah dalam mengartikan menertapkan tenggat waktu, ini hanya sebagai dorongan kita agar semakin konsentrasi.

kita dapat mengartikan bahwa menyelesaikan 1 artikel membutuhkan 30 menit, usahakan menyelesaikannya dalam kurun waktu tersebut.

Namun, apabila waktu yang dibutuhkan lebih banyak, maka tambah waktu 30 menit lagi dan harus selesai.

Hal ini dimaksudkan agar kita dapat membagi waktu menjadi lebih efekti, manajemen waktu merupakan musuh terbesar rasa malas.

6. Dapatkan Beberapa Inspirasi Untuk Menambah Semangat

Pacu diri kalian untuk mencari inspirasi agar lebih bersemangat memulai dan menghancurkan rasa malas.

Ini dapat kita lakukan dengan melihat karya orang lain, atau membaca kata kata motivasi , atau mendengar podcast keren yang sesuai dengan bidang kita.

Atau sekadar membaca kisah inspirasional yang dapat mengingatkan tentang diri kita, namun waktu yang dibutuhkan tidak lebih dari 30 menit.

Jika kita terlalu lama membaca kisah inspirasional, kata kata motivasi pagi, atau lainnya, itu hanya akan membuat kita lupa pada hal yang harus kita lakukan atau kerjakan.

Stop membaca kisah inspirasi atau lainnya ketika kita merasa kita terlalu asik membacanya hingga menghabiskan banyak waktu.

7. Berjanjilah Terhadap Diri Sendiri Melakukannya Dalam Hitungan Menit

Ini merupakan cara tepat lainnya dalam memotivasi diri agar tidak malas. Dengan membuat janji kepada diri sendiri bahwa kita mampu mengerjakannya dalam hitungan menit.

Walaupun kemungkinannya kita berkerja lebih dari waktu yang kita janjikan, paksa lagi dengan mengatakan lima menit lagi harus selesai.

Seringkali dorongan kecil itu cukup untuk membantu membuat kita maju dan melangkah melawan rasa malas.

Karena semua hal diawali dengan langkah kecil, bukan langkah besar, yang artinya kita tidak langsung berada di tengah pusat, melainkan kita menyisir dari tepi terlebih dahulu hingga menuju ke pusat tengah.

Itulah beberapa cara memotivasi diri dalam melawan rasa malas berlebih yang telah kami rangkum dari bustle.

Jangan lupa tinggalkan komentar apabila rekomendasi diatas berhasil membuatmu melawan rasa malas.

Semoga Bermanfaat, Terimakasih.

Tidak ada komentar untuk "Begini Cara Tepat Memotivasi Diri sendiri Agar Tidak Malas"