Mengapa reptil Sering disebut Hewan Melata ?

Banyak pertanyaan terkait mengapa reptil sering disebut sebagai hewan melata yang masih belum diketahui banyak orang.

Dan berikut akan kami jelaskan pengertian dasar serta jawabannya yang barangkali bermanfaat untuk kalian.

Apa Yang Dimaksud Dengan Reptil ?

Reptil yang mempunyai nama latin reptans yang artinya melata atau merayap merupakan kelompok hewan vertebrata berdarah dingin dan memiliki sejumlah sisik yang menutupi tubuhnya.

Alasan reptil disebut hewan melata


Kebanyakan reptil berkembang biak dengan cara bertelur, namun terdapat beberapa spesies yang disebut sebagai reptil vivipar dan berkembang biak dengan cara melahirkan.

Saat ini reptil diklasifikasikan dalam 4 ordo yaitu :

1. Ordo Crocodilia
Yaitu pengelompokan reptil berdasarkan ukuran besar. Contoh : Buaya, Alligator, Gavial

2. Ordo Rhynchocephalia
Merupakan ordo mirip kadal yang hanya mencakup satu spesies hidup yaitu tuatara, ordo ini juga sering disebut sebagai famili dari sphenodontia.

3. Ordo Squamata
Merupakan ordo yang terdiri dari kadal, ular. Ordo ini mempunyai tiga sub ordo yaitu :

  • Lacertilia atau kadal, merupakan kelompok reptil dengan kaki empat dan bersisik. Namun beberapa spesies subordo lacertilia tidak berkaki dan mirip ular.
  • Serpentes atau ular, merupakan kelompok reptil yag panjang dan tidak berkaki. Secara ilmiah, seluruh jenis ular dikelompokkan dalam satu subordo serpentes, dan juga merupakan bagian dari ordo squamata.
  • Amphisbaenia Atau Kadal Cacing, merupakan kelompok squamate yang tidak memiliki kaki dan memiliki kemiripan dangkal dengan cacing tanah.
4. Ordo Testudinata
Sering disebut sebagai Chelonians, merupakan hewan reptil bersisik dan berkaki yang mempunyai ciri khas dan mudah dikenali dengan adanya tempurung / rumah yang keras dan kaku. Contoh : Penyu, Kura - kura.

Mengapa Reptil Sering Disebut Hewan Melata ?

Dari pertanyaan tersebut sebenarnya sudah terdapat clue ( hint ) yaitu " melata ".

Lantas apa jawabannya ?. jawabannya adalah karena pertumbuhan reptil memanjang dan merata dengan permukaan tanah juga cara berjalannya yang melata ( berjalan dengan menempelkan perut ke tanah ).

Melata sendiri berarti arah pertumbuhan yang secara umum merata dengan permukaan tanah.

Alasan Reptil Disebut Hewan Melata

  • Reptil disebut sebagai hewan melata bukan tanpa alasan. Alasan yang utama adalah reptil termasuk dalam golongan hewan vertebrata atau tulang belakang. Dan hampir semua golongan vertebrata berjalan melata
Vertebrata adalah golongan hewan yang mempunyai tulang belakang yang tersusun dari tulang tak beraturan yang membentuk punggung yang dapat dengan mudah digerakkan.
  • Alasan yang kedua adalah karena cara berjalan reptil yang khas yaitu melata atau merayap.
Reptil bergerak melata atau merayap karena tidak mempunyai kaki. Namun terdapat spesies reptil yang mempunyai kaki seperti keluarga kadal, tapi pendek dan hanya membantunya untuk merayap.

Reptil berjalan melata dengan menempelkan perutnya ke tanah dan menggerakkan otot - otot yang ada di perutnya, sehingga memungkinkannya menggerakkan badannya untuk membantu berjalan.

Itulah mengapa jika kita mengamati dengan seksama ketika reptil berjalan, punggungnya selalu ikut bergerak ke kiri dan ke kanan.

Ciri - Ciri Umum reptil Atau Hewan Melata

  • Bersisik
  • Berdarah Dingin
  • Alat Pernapasan Utama Adalah Paru - Paru
  • Berkembang Biak Dengan Cara Ovipar atau Bertelur, Hanya Sedikit Yang Melahirkan
  • Mempunyai Sistem Saraf Yaitu Otak
  • Memiliki Indra Seperti Mata, Hidung
  • Mampu beradaptasi dalam lingkungan yang kering dan gersang.

Habitat Reptil Sesuai Dengan Kelompoknya

Habitat Reptil sesuai klasifikasinya


Setiap ordo reptilia mempunyai habitatnya sendiri - sendiri, berikut adalah habitat reptil berdasarkan ordonya.

1. Ordo Crocodilia
Mempunyai habitat di air ( Air Tawar, Air Laut, Air Payau ) dan akan mencari daerah berlumpur atau rawa - rawa untuk bertelur

2. Ordo Sphenodontia ( Rhynchocephalia )
Spesies tuatara hanya hidup di salah satu pulau kecil di Selandia Baru. Dahulu Spesies ini tersebar di seluruh Selandia Baru, namun sekarang populasinya mengkhawatirkan dan terancam punah.

Habitat Tuatara adalah disemak belukar di pinggir lepas pantai, dan hidup berkoloni yang padat dalam lubang berjarak hingga 1 meter antara yang satu dan yang lainnya.

3. Ordo Squamata
Habitat untuk ordo ini umumnya menyesuaikan jenis hewan tersebut, misalnya ular derik yang biasa hidup didaerah gurun atau padang rumput kering.

Umumnya ular yang ada di daerah tropis seperti indonesia menyukai tempat - tempat yang lembab dan penuh dengan tumpukan benda - benda.

4. Ordo Testudinata
Habitat asli untuk ordo ini adalah air ( Air Tawar, Air Laut, Air Payau ) bergantung pada jenis penyu atau kura kura tersebut.

Itulah alasan kenapa reptil juga sering disebut sebagai hewan melata dan beberapa ciri serta habitatnya.

Tidak ada komentar untuk "Mengapa reptil Sering disebut Hewan Melata ?"