Cara Memelihara Dan Merawat Ball Python

Sanca Bola Atau Ball Python Adalah Salah Satu Spesies ular tidak berbisa yang ditemukan di Afrika. Berikut kami akan jelaskan bagaimana cara memelihara dan merawat ball python yang saat ini tengah populer sebagai hewan peliharaan karena perilakunya yang jinak.

Ini merupakan ular sanca spesies terkecil dari keluarga Pythonidae dan tidak berbisa, karena sering menggulungkan tubuhnya seperti bola dalam keadaan takut atau tertekan, oleh karena itu ia mendapat julukan ball python atau sanca bola.

Ball Python juga mempunyai nama lain yakni " Sanca Raja " atau sanca regius karena konon berawal dari kisah Cleopatra ( Penguasa Mesir ) yang mengenakan ular ini di sekitar pergelangan tangannya.

Ular Python bola umumnya memiliki sifat agak pemalu, tetapi karena ukurannya yang kecil, bersahabat, mudah perawatannya, serta memiliki beragam warna dan pola membuatnya menjadi salah satu ular peliharaan paling populer di dunia.

Ular ini tumbuh subur dipenangkaran di daerah tropis yang hangat dengan berbagai pola dan warna yang telah dihasilkan.

cara merawat ball python

Cara Merawat Dan Memelihara Ball Python Atau Sanca Bola

Ketersediaan Ball Python Dipasaran

Python Bola cukup mudah didapat. Mereka umumnya banyak tersedia di toko hewan peliharaan, peternak reptil, pameran reptil, atau melalui toko reptil online.

Pilihan terbaik akan selalu jatuh pada ular yang dilahirkan dan dibiakkan di penangkaran karena mereka biasanya bebas dari parasit dan penyakit lainnya, dengan kemungkinan besar paling sehat daripada yang ditangkap dialam liar.

Ukuran Ball Python

Ball Python muda umumnya akan memiliki panjang sekitar 10 inci atau 25 cm. Dan saat mereka sudah tumbuh dewasa, betina dapat mencapai panjang hingga 1 hingga 1,5 meter.

Dan jantan dapat tubuh hingga 50 sampai 90 cm. Ini adalah spesies dimana betina memiliki ukuran yang lebih besar.

Ball python yang dapat tumbuh hingga mencapai panjang 1,5 meter telah dianggap besar, walaupun pernah terdapat laporan bahwa mereka dapat tumbuh hingga mencapai 2 meter.

Umur Hidup Ball Python

Dengan perawatan yang tepat, python cola dapat hidup hingga mencapai 30 tahun atau lebih, dan rekor usia yang pernah tercatat adalah 40 tahun.

Kandang Ball Python

Penutup kandang python bola dapat sesederhana atau serumit apa yang kita inginkan. Ingat bahwa semakin banyak kita memasukkan produk habitat ular ke dalam kandang, semakin banyak pula kita harus membersihkan dan mendisinfeksi secara teratur.

Ada kandang yang berbeda yang bekerja dengan baik untuk ular piton, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, plastik sweaterboxes (mis. Rubbermaid), rak melamin dan salah satu kandang reptil jenis plastik yang tersedia secara komersial.

Terarium dan tangki reptil kaca cukup untuk ular piton, tetapi penutup layar pada penutup semacam itu dapat membuat sangat sulit untuk mempertahankan tingkat kelembaban yang tepat.

Ball Python Muda akan bekerja dengan baik di selungkup atau kandang kecil yang membuatnya merasa aman, karena seekor ular kecil berada disangkar yang besar dapat membuatnya kewalahan dan menjadi stress.

Ular sanca dewasa tidak membutuhkan kandang yang besar atau rumit, Selungkup 36 inci kali 18 inci kali 12 inci akan lebih nyaman menampung bola python dewasa.

Bersihkan tempat kandang bola python kita seperlunya. Buang tinja dan urat sesegera mungkin. kita dapat menggunakan pembersih khusus agar lebih aman, seperti Penghilang Limbah Flukers Eco Clean.

Lakukan sobekan lengkap setiap 30 hari dengan melepas semua aksesori substrat dan reptil dan sepenuhnya disinfektan dengan larutan pemutih 5 persen.

Bilas penutup dengan air secara menyeluruh, dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum mengganti aksesori sangkar dan menempatkan kembali ular.

Aksesoris dalam kandang yang dapat membuat ball python bahagia adalah kotak persembunyian yang bagus.

Setidaknya sediakan satu di setiap ujung kandang. Pot bunga yang terbuat dari tanah liat atau nampan pot bunga plastik dan kotak persembunyian yang tersedia secara komersil semuanya dapat bekerja dengan baik.

Pencahayaan Dan Pemanasan

Ingatlah bahwa enklosur harus memungkinkan gradien termal yang tepat yang dapat dimanfaatkan oleh bola python, dengan hotspot di salah satu ujung enklosur dan titik dingin di ujung lainnya.

Berikan bola python Anda dengan suhu tempat berjemur 88 hingga 96 derajat Fahrenheit dan suhu sekitar 78 hingga 80 derajat. Temperatur sekitar tidak boleh turun di bawah 75 derajat.

Sangat penting untuk mengetahui suhu di mana Anda menyimpan ular. Jangan menebak! Cara terbaik untuk memantau suhu adalah dengan menggunakan termometer digital indoor / outdoor dengan probe, seperti Zoo Med Digital Thermometer.

Tempelkan termometer ke bagian dalam sangkar di ujung yang dingin dan letakkan probe di ujung yang hangat.

Ada beberapa jenis lampu panas ular yang membantu memanaskan kandang bola python. Bantalan pemanas dan kaset di bawah umur seperti bantalan panas Zilla, penghangat panas keramik (Flukers), lampu berjemur (baik lampu siang hari biasa maupun lampu malam merah) hanya beberapa.

Dengan penghasil panas dan umbi berjemur, sangat penting untuk mengawasi kelembaban di dalam selungkup, terutama jika dikombinasikan dengan bagian atas layar, karena keduanya akan mengeringkan udara dengan cepat.

Gunakan termostat, rheostat (Flukers Thermo-hygrometer) dan / atau timer reptil untuk mengontrol sumber panas Anda. Jangan gunakan batu panas dengan ular karena dapat memanaskan secara tidak merata pada area permukaan yang terlalu kecil dan dapat menyebabkan luka bakar yang serius.

Pencahayaan tambahan tidak diperlukan untuk ular piton, tetapi jika digunakan harus berjalan pada siklus 12/12, artinya 12 jam dan 12 jam.

Terus terang, pencahayaan di atas kepala sangat menekan ular, terutama spesies nokturnal seperti bola piton.

Bola sanca tampaknya lebih menyukai tingkat kelembaban 50 hingga 60 persen. Mempertahankan kelembaban yang tepat akan memungkinkan bola python Anda terlepas dengan baik.

Substrat Ular

Koran dan handuk kertas adalah substrat termurah dan termudah untuk ular sanca sehubungan dengan pembersihan dan disinfektan - yang lama dengan yang baru.

Mulsa Cypress dan kulit anggrek adalah substrat yang bagus untuk mengendalikan kelembapan, tetapi ingat bahwa terlalu banyak kelembaban dapat merusak (jika tidak lebih) terlalu sedikit.

Jangan pernah gunakan substrat yang mengandung cedar, karena mengandung minyak yang dapat mematikan reptil! Hindari pasir, serutan, dan alas gambut.

Makanan Yang Harus Diberikan Ke Sanca Bola

Memberi makan bola python Anda hewan pengerat berukuran mingguan dengan benar. "Ukuran tepat" berarti item mangsa yang tidak lebih besar kelilingnya dari pada bola python pada keliling terbesarnya.

Bola sanca dapat memakan tikus sejak mereka masih muda - mulai dengan anak tikus atau "crawler" pada awalnya dan bergerak naik dalam ukuran saat mereka tumbuh.

Jangan memegang bola python Anda selama setidaknya satu hari setelah makan, karena ini dapat menyebabkan regurgitasi.

Bola sanca dapat diberi makan tikus beku / dicairkan atau dibunuh sebelumnya. Jangan pernah meninggalkan tikus hidup tanpa pengawasan dengan ular apa pun, karena mereka dapat melukai ular itu.

Bola sanca terkenal tidak makan pada waktu-waktu tertentu sepanjang tahun, terutama di bulan-bulan musim dingin. Bersiaplah untuk kemungkinan python bola Anda mati, dan awasi kondisi ular secara keseluruhan dan berat badan.

Ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan dengan ular sanca yang sehat dan mapan, meskipun ini bisa membuat frustasi bagi snakekeeper. Jika bola python Anda sehat, lanjutkan rutinitas peternakan Anda seperti biasa, tetapi pertahankan jumlah penanganan seminimal mungkin.

Tawarkan makanan bola python Anda setiap 10 hingga 14 hari hingga ia tertarik untuk makan lagi, karena ular itu pada akhirnya akan melanjutkan makan dengan normal.

Beri makan ular piton dewasa setiap 1 hingga 2 minggu dan ular piton muda setiap minggu karena mereka membutuhkan energi ini untuk tumbuh.

Jangan khawatir jika bola piton yang dimulai dengan baik berbunyi selama musim dingin yang lebih kering, karena hal ini biasa terjadi di penangkaran. Ular umumnya tidak makan saat mereka berada dalam siklus kandang.

Air Ball Python

Selalu sediakan air bersih segar untuk bola python Anda. Periksa air setiap hari. Ukuran piring air terserah Anda.

Jika itu cukup besar untuk dirayapi dan direndam oleh bola python, cepat atau lambat ular Anda akan memanfaatkan sebanyak mungkin kesempatan - bola ular piton tampaknya menikmati rendam yang bagus dari waktu ke waktu.

Pastikan mangkuk air tidak terlalu dalam untuk hewan remaja - cukup 1 inci saja sudah cukup. Ular dari banyak spesies akan buang air besar di mangkuk air mereka dari waktu ke waktu, jadi bersiaplah untuk membersihkan dan mendisinfeksi mangkuk air.

Mangkuk air harus dibersihkan dan didesinfeksi setiap minggu. Memiliki mangkuk air cadangan untuk acara-acara seperti itu bisa berguna, sehingga yang satu dapat digunakan saat yang lain sedang dibersihkan.

Temperatur Dan Penanganan

Bola piton umumnya pemalu dan akan menghabiskan banyak waktu bersembunyi. Bola python Anda mungkin awalnya melihat Anda sebagai ancaman dan ia harus mengetahui siapa Anda. Tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan antara Anda dan ular Anda.

Selalu mendukung tubuh bola python Anda dan menghindari gerakan cepat. Setelah bola python menyadari bahwa Anda tidak akan melukainya, mereka sepertinya senang ditangani.

Beberapa ular piton mungkin mencoba bersembunyi ketika ditangani dan kadang-kadang ada yang bahkan menggigit karena rasa takut yang berlebihan.

Sanca Bola ini mungkin membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk menetap dan membangun kepercayaan. Gigitan bola piton adalah luka yang dangkal.

Jika seekor ular terlihat seperti akan menyerang, yang terbaik adalah tidak menanganinya. Santai saat memegang hewan Anda - duduk dan beri hewan itu kesempatan untuk menetap.

Beberapa ular mungkin tidak makan selama beberapa jam atau lebih lama setelah ditangani, jadi hindari penanganan jika Anda berencana untuk memberi makan.

Setelah ular makan, ada baiknya membatasi penanganan karena mungkin tidak nyaman bagi hewan. Hindari menempatkan kandang ular Anda di area lalu lintas yang padat, gerakan berlebihan, dan hewan peliharaan lainnya harus dihindari.

Tidak ada komentar untuk "Cara Memelihara Dan Merawat Ball Python"