Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya

Hobby pecinta reptil dalam memelihara dan merawat berbagai jenis reptil mempunyai dampak tersendiri terhadap pasar dan minat memelihara seseorang.

Gecko Atau Tokek merupakan sebutan nama yang umum digunakan untuk menyebut bangsa kadal yaitu cicak berukuran besar yang berasal dari jenis kadal Gekkonidae.

Gekkonidae adalah sebutan yang merujuk pada kadal yang didalamnya meliputi seluruh jenis cicak besar atau tokek

Istilah Tokek biasanya merujuk pada jenis - jenis dari keluarga gecko, namun untuk orang awam pemahaman akan tokek adalah cicak besar yang biasa bergelantungan di kayu atau tembok bagian atas / atap.

Dan berikut akan kami jelaskan secara lengkap tentang jenis tokek ( Gecko ), cara memelihara, hingga cara merawatnya, apabila kalian berminat memelihara gecko.

Cara Memelihara Dan Merawat Gecko


Karena saat ini banyak orang mulai beternak gecko yang masih satu familia dengan reptil ini untuk dijual kembali.

peternak bukan beternak gecko tanpa alasan. Karena saat ini juga para pecinta reptil mulai tertarik menambah koleksi hobbinya dalam memelihara reptil.

Selain itu toket ternyata juga memiliki khasiat salah satunya untuk mengobati gatal gatal apabila dimasak dengan cara yang benar.

Tips Memelihara Hingga Cara Merawat Gecko Yang Benar Untuk Pemula

Untuk kalian yang masih pemula dalam dunia reptil, tetapi iseng dan ingin memelihara gecko karena tertarik merawatnya, maka kalian berkunjung di tempat yang tepat.

Karena kami akan membagikan tips lengkap berdasarkan pengalaman bagi pemula dalam memelihara dan merawat gecko dengan benar agar tidak salah kaprah.

Tanpa kami panjang lebarkan lagi berikut penjelasannya mulai dari beberapa contoh reptil dari famili Gecko yang dapat dijadikan hewan peliharaan, jadi simak baik - baik dan jangan lewatkan detailnya.

Jenis Tokek Yang dapat Dijadikan Peliharaan

1. Tokek Giant Day

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Tokek ini merupakan spesies tokek diurnal, artinya bahwa hewan ini lebih aktif pada siang hari ketimbang malam hari.

Berasal Dari Madagascar dengan ciri - ciri berwarna hijau terang membuatnya segar ketika dilihat.

2. Tokek Madagascar Ground

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Lebih dikenal dengan Tokek Ocelot atau Tokek Pictus merupakan tokek tropis, darat, dan nokturnal.
Tokek ini lebih aktif pada malam hari.

Tokek ini berasal dari bagian selatan pulau madagascar, yang terletak di sebalah timur Afrika. Ini merupakan tokek yang cocok dipelihara apabila kalian memiliki pengalaman dalam memelihara tokek jenis leopard sebelumnya.

Tokek ini memiliki warna yang indah, kepala yang besar, serta matanya juga besar.

3. Tokek Leopard

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Jenis ini merupakan jenis tokek yang umumnya banyak dijadikan peliharaan dan sangat mudah menemukan tokek ini di toko hewan.

Tokek leopard memiliki berbagai pola dan warna yang sangat indah dan menarik seperti macan tutul.

Perawatan Leopard Gecko sangat mudah serta tidak sering menggigit, serta ukurannya yang tidak terlalu besar dan berat, sangat cocok dijadikan peliharaan untuk anak - anak.

4. Tokek Gargoyle

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Tokek gargoyle mendapatkan namanya karena nodul besar yang menonjol dari tengkorak. Ini merupakan suatu karakteristik yang tidak ditemukan pada anggota spesien lainnya.

Gargoyle memiliki tubuh yang kuat, sebagian besar tubuhnya memiliki pola marmer, namun beberapa spesimen memiliki pola garis - garis yang jelas.

Keunikan lain tokek jenis ini adalah warna mereka yang akan tampak lebih jelas di malam hari.

5. Tokek White Line

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Tokek ini memiliki nama lain Tokek Vittatus, dengan tubuh berwarna cokelat, hijau tua serta ciri khasnya yaitu garis putih di punggungnya yang memanjang sampai pangkal ekor.

Dengan bantalan jari kaki khusus memungkinkan tokek ini bergerak lebih mudah di permukaan vertikal.

Mereka juga tidak seagresif dari beberapa jenis tokek lainnya, karena alasan itulah tokek ini dapat dijadikan hewan perliharaan yang baik untuk pemula yang masih belum berpengalaman.

6. Tokek Crested

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Sering juga disebut tokek jambul, ini merupakan tokek favorit baru yang dapat dijadikan peliharaan karena sifatnya yang lembut dan aktif.

Tokek ini relatif bergerak lambat, sehingga menjadikannya kandidat yang baik untuk dijadikan peliharaan oleh penggemar gecko atau tokek.

Tokek ini juga tidak hanya makan serangga, tetapi juga hewan kecil lainnya seperti ulat. Untuk suplemennya sendiri saat ini juga sudah tersedia secara komersial yang dapat membantu kita memenuhi nutrisi yang diperlukan tokek crested.

7. Tokek South american Banded

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Memiliki habitat yang sama seperti tokek leopard, suka bersembunyi pada liang tanah saat siang hari dan mencari makan pada waktu senja.

Jenis ini berasal dari guatemala selatan, dan tumbuh hingga 17 cm panjangnya. hampir seperti tokek leopard, pola pada tokek ini juga layaknya macan tutul dengan pola berbintik dan indah.

karena keaktifannya pada senja hingga malam, membuat tokek ini masuk dalam kategori spesies nocturnal.

8. Tokek African fat-Tailed

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Seperti namanya, tokek ini ditemui di afrika barat dengan habitatnya yang kering dan gersang. Namun mereka sering menghabiskan waktunya di tempat persembunyian yang gelap dan lembab.

Karakteristik tokek ini juga berbeda dari tokek lainnya, karena memiliki kelopak mata yang bisa gerakkan, pupil vertikal, dan tidak mempunyai lamela atau kaki lengket.

Tokek ini dapat tumbuh hingga 23 cm dengan betina yang relatif mempunyai ukuran lebih kecil dari jantan.

9. Tokek Dune

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Tokek ini berasal dari Israel dan Afrika Utara dengan ukuran tubuh yang relatif mini dibanding tokek lainnya.

Dengan mata yang besar, tokek ini juga disebut sebagai tokek bermata katak. Tokek ini juga tidak mempunyai pamela atau kaki lengket dan tidak memungkinkan memanjat di permukaan yang halus.

Tokek ini juga tergolong spesies nocturnal yang artinya lebih aktif dimalam hari dan beristirahat di gua - gua pada siang hari.

10. Tokek Gold Dust Day

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Jenis yang ini sangat baik untuk dijadikan hewan peliharaan karena atraktif dan aktif di terarium.

Tokek ini tergolong gugup dan rapuh, tidak disarankan untuk dipegang secara langsung. Oleh karena itu memelihara tokek ini sama seperti memelihara ikan di akuarium, hanya untuk di tonton dari luar.

Tokek ini ditemukan di madagascar dengan tampilannya menarik berwarna hijau serta pola tiga garis vertikal di punggungnya.

Cara Memelihara Dan Merawat Gecko Atau Tokek

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Dalam merawat gecko hal yang harus di perhatikan adalah lingkungan atau habitatnya. biasanya hal ini berbeda untuk setiap jenisnya.

Namun karena gecko merupakan hewan berdarah yang akan menyesuaikan suhu lingkung kita maka kita perlu menyiapkan hal - hal berikut ini

1. Membuat Kandang Atau Terarium ( Virarium )

Terarium merupakan wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan dan berisi tanaman.

Namun apabila kita masih pemula dan ingin memelihara satu ekor saja, maka tidak perlu terarium. Kandang tokek memakai terarium apabila kalian ingin memelihara beberapa ekor sekaligus.

Fungsi terarium untuk kandang tokek adalah untuk membuat seolah tokek berada pada habitat aslinya.

Sebenarnya, alas yang baik untuk gecko adalah kertas, hal ini guna meminimalisir dampak penyakit. Tentu kita dapat memakai zeolit atau pasir lainnya, hanya saja ada beberapa dampak yang ditimbulkan, seperti debunya, memakan kotorannya sendiri karena kotorannya tertutup pasir.

Namun apabila kita menggunakan terarium yang besar, alas tidak akan menjadi masalah karena sebagian besar waktunya digunakan untuk bergelantungan di ranting atau batu.

2. Membuat Pencahayaan

Hampir semua jenis tokek merupakan spesies nocturnal yang berarti bahwa mereka lebih aktif pada malam hari ketimbang siang hari.

Fungsi pencahayaan sendiri adalah agar tokek tidak terlalu kedinginan apabila cuaca sedang dingin, dengan menggunakan lampu watt kecil.

Sebenarnya tidak diberikan pencahayaan tidak masalah, namun hewan berdarah dingin memerlukan cahaya guna meningkatkan suhu tubuh dan sistem metabolisme tubuh mereka.

3. Makanan Yang Sesuai

Umumnya tokek memakan serangga - serangga kecil, namun terdapat beberapa spesies yang tidak hanya memakan serangga saja.

Kita dapat menggunakan jangkrik yang berukuran kecil yang sudah kita potong kaki belakangnya agar tidak loncat - loncat.

Selain jangkrik kita juga dapat menggunakan ulat hongkong atau ulat jerman dan taruhlah dalam mangkok kecil.

4. Beri Suplemen

Sebenarnya menggunakan jangkrik atau ulat sudah cukup untuk kebutuhan tubuh mereka. Namun kita juga dapat menggunakan vitamin agar kebutuhan kalsium tercukupi.

Seperti halnya manusia, tokek juga mempunyai kelainan tulang apabila kekurangan kalsium dan menjaga kesehatan tokek tersebut.

Saat ini juga tersedia banyak dipasaran vitamin atau suplemen untuk tokek seperti calcinut, dll.

5. Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan erat kaitannya dengan hidup sehat, ini juga berlaku untuk semua hewan. Dengan kandang yang selalu bersih memungkinkan meminimalisir banyaknya kuman atau bakteri dalam kandang.

Dengan kandang yang kotor dan jarang dibersihkan akan membuat bakteri tumbuh dengan cepat, dan dapat mengakibatkan gecko terserang penyakit dan terserang jamur.

Merawat kandang gecko terbilang cukup mudah, bersihkan setiap hari agar lebih maksimal mengurangi adanya bakteri.

Cara Merawat Gecko Agar Cepat Panjang

Sebagai pecinta Leopard Gecko tentunya saja kita ingin hewan peliharaan kita satu ini memiliki badan yang besar dan juga ekor yang panjang. Untuk memperpanjang eko Gecko, ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni dengan melatih renang dan memberinya makan dengan hewan tertentu.

Melatih Renang Untuk Memperpajang Ekor Gecko

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat panjang ekor gecko yaitu dengan cara melatihnya renang. Melatih berenang Gecko dapat membuat pertumbuhan badan dan ekor menjadi cepat, cara ini cukup baik dilakukan untuk untuk mendukung pertumbuhan ekor Gecko agar cepat panjang.

Untuk caranya juga cukup mudah, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Pertama sediakan baskom, ember, atau tempat yang bisa dilakukan untuk melatih Gecko berenang, usahakan tempatnya cukup panjang.
  2. Lalu beri air yang cukup, usahakan tinggi air melebihi tinggil Gecko yang di maksudkan agar Gecko tidak dapat berjalan di air
  3. Masukan Gecko peliharaan Anda pelan-pelan ke tempat yang sudah disediakan.
  4. Rendam tubuh Gecko terlebih dahulu dan disangga dengan tangan Anda agar Gecko beradaptasi dengan air.
  5. Langkah selanjutnya lepaskan Gecko agar berenang ke tepian, jika Gecko sudah menepi selanjutnya tarik ekor Gecko agar Gecko dapat berenang kembali, ulangi langkah tersebut berulang kali dan secukupnya saja.

Usahakan jangan sampai Gecko kelelahan, sekucupnya saja sekitar 5 menit melatih gecko berenang sudah cukup, lalu jangan lupa untuk mengistirahatkan Gecko Anda. Untuk makanan Gecko akan dilanjutkan di minor heading di bawah ini.

Makanan Gecko Agar Cepat Besar dan Panjang

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Di atas tadi sudah membahas tentang cara memperpanjang ekor Gecko dengan cara berenang. Setelah dengan cara berenang, kemudian ada cara lagi yakni dengan memberi makan dengan makanan yang berprotein tinggi.

Selain untuk Gecko agar cepat besar, dengan makanan berikut ini juga dapat membuat ekor Gecko menjadi cepat panjang, berikut beberapa makanan yang cocok untuk Gecko Anda di rumah.

1. Kodok
Pertama hewan yang bisa Anda coba adalah kodok, kodok yang cocok dijadikan sebagai makanan Gecko kesayangan Anda adalah jenis kodok lembu, kodok lembu ini memiliki kandungan protein yang cukup, yakni kandungan protein sebesar 19,76%, air 75,63%, lemak 0,63%, dan abu 0,59%.

2. Laron
Pasti kalian sudah tahu apa itu laron, biasanya serangga kecil ini muncul setelah turun hujan di malam hari. Laron dinilai baik dalam memperbesar badan dan ekor Gecko karena memiliki kandungan proten dan lemak yang cukup baik untuk Gecko.

3. Jangkrik
Selanjutnya yaitu jangkrik, jangkrik sudah dari dulu terkenal sebagai hewan untuk pakan karena meliki kasiat untuk pertumbuhan hewan peliharaan. Untuk Gecko sendiri manfaat jangkrik ini cocok untuk pertembuhan badan dan ekor karena jangkrik memiliki kandungan protein, omega 9, omega 3, dan omega 6.

Berdasarkan hasil penelitian dari Fakultas Pertanian Universitias Jendral Soedirman Purwokerto (UNSOED), jangkrik memiliki kandungan protein hingga 57,32%.

Cara Memandikan Gecko

Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya
Gecko adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai oleh pecinta hewan di Indonesia hingga manca negara. Sebagai hewan peliharaan favorit pasti tidak mau jika hewan peliharaan kita terlihat kotor. Agar tidak kotor dan membersihkan badan Gecko dapat dimandikan dengan air bersih.

Cara memandikan Gecko juga cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak benda, untuk lebih jelasnya mari simak langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Pertama silahakan sediakan ember, baskom, atau benda lain yang dapat digunakan untuk menampung air.
  2. Selanjutnya jangan lupa kasih air secukupnya saja, tidak perlu banyak-banyak, hanya sebatas antara kaki dan tubuh Gecko saja.
  3. Setelah itu masukan Gecko kesayangan Anda di dalam wadah tersebut.
  4. Biarkan Gecko berendam terlebih dahulu, lalu bersihkan tubuh Gecko agar terlihat bersih dan terhindar dari noda kotor.
  5. Jika sudah bersih silahkan angkat Gecko Anda dan biarkan Gecko Anda kering sebelum dimasukkan ke dalam kandang.

Itulah tadi tutorial lengkap tips memlihara dan merawat Gecko yang baik dan benar. Mulai dari pengetahuan tentang jenis-jenis tokek, Membuat kandang atau terarium untuk Gecko, membuat pencahayaan, makanan untuk gecko agar cepat besar, cara merawat Gecko agar badan dan ekor cepat panjang, dan cara memandikan Gecko.

Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika Anda mempunyai saran lain atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "Tips Lengkap Gecko : Cara Memelihara Hingga Merawatnya"