Langkah Tepat Cara Merawat Bearded Dragon

Berikut kami akan membagikan artikel tentang bagaimana cara merawat bearded dragon yang baik dan benar untuk pemula dan beberapa hal yang harus diketahui sebelum memutuskankan merawatnya.

Pagona atau yang memiliki nama umum bearded dragon merupakan salah satu bangsa reptil yang masuk dalam keluarga agamidae dari subordo iguania.

Di indonesia sendiri, kita sering menyebutnya dengan nama naga berjanggut dan mereka merupakan hewan asli australia, oleh karena itulah kita dapat dengan mudah menemuinya disana.

Bearded dragon dapat hidup hingga 12 tahun apabila cara perawatan kita tepat, karena level perawatan mereka tergolong mudah.

Tukik atau bearded dragon muda dapat ditempatkan di akuarium yang dilengkapi dengan penutup layar dan penerangan 30 - 50 watt diatas tempat mereka berjemur disalah satu ujung kandang dengan jarak setidaknya 12 inci.

Langkah Tepat Cara Merawat Bearded Dragon


Bearded muda harus setidaknya setiap hari disemprot dengan menggunakan air, dan memberinya makan serangga setiap hari, agar pertumbuhan mereka dapat dimaksimalkan.

Atur beberapa bebatuan atau cabang untuk menyediakan mereka tempat berjemur serta sediakan daun atau vegetasi tanaman yang tidak beracun karena bearded dragon membutuhkan untuk hidrasi utama.

Saat mereka tumbuh besar, mereka akan makan lebih banyak dan akan sangat menyukai makanan nabati, serta sediakan suplemen kalsium untuk pertumbuhan tulang yang baik.

Cara Merawat Bearded Dragon Bagi Pemula

Overview

Bearded Dragon

Naga berjanggut umumnya dianggap sebagai salah satu hewan peliharaan kadal terbaik, hal ini karena mereka waspada, tangguh, dan jinak yang membuat owner terkadang suka melihat mereka beraktifitas.

Selain itu hal menarik lainnya adalah mereka dapat mengangkat salah satu kaki depan mereka dan melambaikannya yang biasanya ditandai sebagai gerakan tunduk.

Ketersediaan Bearded Dragon

Naga berjanggut atau bearded dragon biasanya terdapat di beberapa toko hewan, pameran reptil, atau di penangkaran. spesimen yang berada di penangkaran sangat direkomendasikan karena mereka umumnya lebih sehat dan lebih terbiasa dengan sentuhan.

Ukuran Dan Umur Bearded Dragon

Tukik atau bayi bearded dragon setelah menetas biasanya memiliki ukuran 4 inci atau 10 cm, setelah dewasa mereka dapat tumbuh hingga mencapai 20 inci atau 50 cm dengan masa hidup dapat mencapai 10 tahun, namun terdapat beberapa laporan mereka dapat hidup hingga 20 tahun.

Tips Perawatan Bearded Dragon

Kandang Bearded Dragon

Untuk bearded yang baru menetas kita dapat menaruhnya dalam akuarium dengan ukuran 20 galon untuk waktu singkat, karena mereka akan segera tumbuh dan harus pindah kandang yang lebih besar.

Saat mereka dewasa kita dapat memindahkannya ke akuarium atau kandang dengan ukuran 75 galon dengan penutup yang baik, serta sediakan penutup khusus agar sinar matahari dapat langsung masuk kedalam kandang.

kita dapat menggunakan penutup transparan atau lainnya agar sinar masuk dan tetap terlindungi dari hujan, serta sediakan bebatuan atau cabang yang kuat karena mereka suka memanjat.

Pencahayaan Dan Suhu

Umumnya mereka menyukai suhu yang panas atau hangat, dengan suhu sekitar 100 derajat fahrenheit saat mereka berjemur sangat baik bagi mereka.

Selain dari sinar matahari, kita dapat menggantinya dengan menggunakan lampu sorot yang di posisikan diatas tempat mereka berjemur.

Memposisikan lampu sorot berada di salah satu ujung kandang, agar bearded dragon termoregulasi ( Bergerak di sudut kandang yang panas atau dingin ).

Selain sorotan lampu, kita juga dapat memberikan penerangan atau pencahayaan UVB ( Ultraviolet ) yang mencakup seluruh kandang.

Pencahayaan ini akan sangat penting apabila kandang bearded dragon di tempatkan didalam rumah atau didalam ruangan yang tidak langsung terkena sinar matahari, karena ini akan membantu mereka dalam mensintesis vitamin D3 untuk penyerapan kalsium.

Saat ini tersedia berbagai jenis lampu yang dapat kita beli dipasaran, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pemilik atau karyawan toko dan membaca keterangan di kemasan untuk menentukan yang terbaik.

Panas juga dapat disediakan dengan menggunakan pita panas, penghasil panas dan perangkat lain yang tersedia di toko hewan peliharaan.

Simpan termometer di dalam kandang untuk melacak suhu kandang. Pada malam hari, suhu bisa turun hingga sekitar 65 derajat.

Substrat Bearded Dragon

Pasir pada umumnya digunakan sebagai alas, hal ini tidak bermasalah saat mereka dewasa, namun untuk bearded dragon muda, pasir dikhawatirkan dapat menyebabkan impaksi usus untuk tukik karena mungkin secara tidak mereka tukik muda memakan pasir tersebut.

Jadi tidak disarankan memberikan substrat pasir atau substrat longgar lainnya sebagai alasnya untuk bearded muda, cukup gunakan kertas atau koran demi keamanan tukik muda.

Dan untuk bearded dragon dewasa, kita dapat menggunakan substrat yang sama. Kita dapat menggunakan pasir atau pasir taman bermain yang tersedia banyak di toko serba ada atau menggunakan pasir khusus reptil.

Pastikan untuk tetap mengikuti arahan atau instruksi yang diberikan dalam kemasan untuk alasan keamanan, serta gunakan piring atau wadah mangkan yang dangkal untuk menghindari impaksi usus.

Makanan Bearded Dragon

Bearded Dragon adalah reptil jenis omnivora yang artinya pemakan daging dan tumbuhan. Umumnya mereka tidak pilih pilih makanan, dan akan memakan apa saja dengan penuh semangat.

Daging yang mereka makan umumnya berupa serangga seperti jangkrik, ulat yang biasanya sudah ditaburi atau dilumuri bubuk suplemen/ mineral dan kalsium.

Dan untum tumbuhan kita dapat memberikan sayuran yang telah di cincang halus seperti wortel, kiwi, pisang, mangga, dll.

Berikan mereka makanan yang sehat dan kaya vitamin, atau tambahkan suplemen bubuk. dan hindari Selada karena tidak bergizi.

Sekali lagi untuk menempatkan makanan tersebut ke wadah dangkal untuk meminimalisir terkena pasir yang dapat menyebabkan impaksi usus.

Air Untuk Bearded Dragon

Bearded Dragon umumnya menyukai kabut air yang dihasilkan dari semprotan air, dan mereka akan menjilati tetesan air yang menempel di dinding kandang.

Namun jangan berlebihan dan pastikan kandang tidak terlalu basah dan menjadi lembab, serta tetap berikan air bersih dalam wadah yang cukup besar dan muat untuknya berendam.

Tidak ada komentar untuk "Langkah Tepat Cara Merawat Bearded Dragon"