Panduang Lengkap Cara Merawat Crested Gecko

Berikut BuzID akan membagikan artikel lanjutan tentang bagaimana cara merawat crested gecko atau tokek jambul yang baik dan benar.

Jenis tokek dengan habitat asli di Kaledonia Baru ini merupakan hewan peliharaan reptil ideal untuk pemula selain leopard gecko karena persyaratan yang sederhana dan mudah dipenuhi. Selain itu mereka dapat membuat tampilan yang luar biasa dalam vivarium natular karena tingkahnya.

Dahulu, Crested Gecko dianggap sebagai jenis kadal yang langka keberadaannya hingga pernah dinyatakan punah. Kemudian ditemukan kembali dialam liar dan sekarang sudah banyak penangkaran yang membesarkan crested gecko dalam jumlah besar.

cara merawat tokek jambul

Cara Merawat Crested Gecko Atau Tokek Jambul Untuk Pemula

Umumnya tokek jambul atau crested gecko dapat hidup hingga mencapai 20 tahun dengan perawatan yang baik dan benar serta dapat tumbuh hingga mencapai panjang 8 inci atau sekitar 20 cm.

Kandang Crested Gecko

Saat mereka bayi atau masih berupa tukik, sebaiknya ditempatkan di dalam akuarium atau terarium dengan ukuran kurang lebih 10 galon atau sekitar 50 cm lengkap dengan penutup atas.

Dan setelah 15 hingga 18 bulan mereka akan tumbuh dewasa harus ditempatkan di tangki setidaknya berukuran 20 galon dengan layar dibagian atas.

Ukuran tangki yang agak besar memungkinkan memiliki tampilan yang lebih baik dan indah, selain itu kita juga dapat menempatkan 1 jantan dan beberapa betina dalam satu tangki tersebut.

Dan biasanya, ketika suhu dalam kandang relatif dengan kelembaban sedang hingga tinggi, tokek jambul akan banyak menghabiskan waktunya bersembunyi.

Pencahayaan Dan Suhu

Hampir semua reptil termasuk dalam hewan berdarah dingin tidak terkecuali crested gecko ini yang akan menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu lingkungan, jadi penting bagi kita untuk menyediakan kisaran suhu tertentu yang tepat untuk aktivitas crested gecko.

Kita dapat menggunakan termometer untuk mengecek suhu kandang, dan umumnya mereka menyukai suhu antara 78 hingga 82 derajat fahrenheit saat siang hari dan lebih rendah dari 70 saat malam hari.

Oleh karena itu memposisikan penempatan kandang juga berpengaruh untuk menaikkan atau menurunkan suhu disekitarnya.

Selain itu cara termudah lainnya dalam memberikan temperatur yang tepat untuk tokek jambul adalah dengan menggunakan lampu pijar dengan watt rendah.

Namun tetap perhatikan bahwa kita juga harus memberikan suhu yang berbeda di sisi kandang lainnya, misalkan sisi kanan mempunyai suhu agak dingin dan sisi kiri mempunyai sisi hangat. Hal ini dimaksudkan agar tokek dapat mencari posisi yang tepat untuk mereka sendiri.

Untuk membuat satu sisi lebih terasa hangat, kita dapat menggunakan pita panas dibawah satu sisi tangki, dan saat ini pita panas juga terdapat di banyak toko online maupun offline.

Untuk kalian yang menggunakan tanaman hidup didalam vivarium, gunakan bohlam fluorescent dengan panjang sesuai tangki, karena tokek jambul akan cenderung bersembunyi dan beristirahat di dedaunan atau tempat berlindung lainnya saat siang hari.

Kenapa kita menggunakan lampu fluorescent ?, karena untuk kebutuhan vitamin yang dihasilkan dari sinar UVB dapat kita ganti dengan makanan yang mengandung vitamin D3.

Namun pastikan mematikan lampu fluorescent saat malam hari, karena itulah saat-saat dimana tokek jambul mulai aktif.

Substrat Crested Gecko

Karena crested gecko banyak menghabiskan waktunya di atas tanah atau tepatnya dicabang atau pepohonan buatan maka kita dapat menggunakan berbagai substrat.

Apabila mencari perawatan sederhana, gunakan karpet reptil yang menarik serta mudah untuk dibersihkan. Apabila menambahkah tanaman hidup, pilihan yang tepat adalah menggunakan sabut sebagai alas tanaman hidup.

Sabut sendiri adalah serat serat kasar yang ada di kelapa. Di toko reptil sabut yang dijual sudah dicampur dengan tanah dan akan sangat cocok untuk menanam tanaman hidup.

Karena mereka menyukai beristirahat di dedaunan atau cabang, kita juga harus menyediakan media atau cabang untuk naik dari permukaan.

Saat dipermukaan tanah, kita dapat menggunakan gabus sebagai tempat berlindung lalu membuat cabang kayu miring ke atas agar tokek dapat memanjat naik. Dan jangan penuhi vivarius dengan banyak tanaman, tetap sediakan banyak ruang terbuka.

Makanan Tokek Jambul

Karena Tokek jambul merupakan reptil omnivora kita dapat memberi makan tumbuhan atau daging seperti bauh, jangkrik, ulat, dll.

Setiap makanan yang diberikan usahakan agar diberi tambahan suplemen yang mengandung kalsium, Vitamin D3 dan atau vitamin penting lainnya.

Seperti saat akan memberi umpan jangkrik, sebelum itu lapisi jangkrik dengan suplemen terlebih dahulu.

Namun perhatikan juga pemberian suplemen agar tidak berlebihan dan malah membahayakan tokek itu sendiri. Umumnya pemberian suplemen ditawarkan paling tidak 3 kali seminggu atau 1 minggu sekali.

Air Dan Kelembaban

Air merupakan sumber kehidupan semua makhluk hidup, dan untuk tokek, air harus selalu tersedia setiap saat dalam wadah dangkal di permukaan kandang.

Karena pada dasarnya crested gecko menyukai kelembaban relatif yang berkisar antara 50 hingga 70 persen.

Untuk daerah yang tergolong kering, tangki atau kandang setidaknya harus diberi kabut buatan ringat setiap malam atau gunakan pelembab udara dingin yang ditempatkan di dalam ruangan.

Ekor Tokek Jambul

Bagi kalian yang kehilangan ekor tokek jambul jangan berharap ekor tersebut akan tumbuh lagi, yang ada hanyalah ekor kecil dengan ujung runcing.

Oleh karena itu jaga agar tokek tidak kehilangan ekornya dengan cara tetap membuatnya aman, menjauhkan dari predator atau hewal peliharaan seperti anjing atau kucing.

Penanganan Dan Temperamen Tokek Jambul

Apabila kita baru membeli tokek jambul jangan langsung memegang atau menyentuhkan jika bukan karena keadaan darurat yang mengharuskan kita menyentuhnya.
Setidaknya biarkan tokek 1 bulan dikandang tanpa menyentuhnya agar ia terbiasa dengan lingkungan barunya dan pastikan memberi mereka makan secara teratur.

Apabila sudah 1 bulan lebih, kita dapat membuat penanganan singkat sebagai bentuk perkenalan tidak lebih dari 5 menit.

Karena bayi tokek jambul tergolong rapuh dan mudah terluka selama proses pengenalan tersebut. Agar kita dapat benar - benar menanganinya tanpa menyakitinya setidaknya tunggu sampai mereka mempunyai ukuran 3 inci atau 10 cm.

Mereka jarang menggigit, kalaupun ia melakukannya tidak akan menimbulkan luka serius karena gigitannya cepat dan langsung dilepaskan.

Tidak ada komentar untuk "Panduang Lengkap Cara Merawat Crested Gecko"