Bagaimana Cara Merawat Giant Day Gecko Yang Benar ? Yuk simak

Kali ini BuzID akan membagikan artikel terkait bagaimana cara yang benar merawat Giant Day Gecko terutama untuk pemula yang ingin merawatnya.

Tokek Giant Day merupakan tokek yang banyak menghuni daerah hutan tropis dan subtropis, lebih tepatnya di daerah Madagascar.

Kadal jenis ini dapat mencapai panjang hingga 30 cm, dengan warna dasar hijau terang atau agak kebiruan pada tubuhnya serta garis merah yang memanjang dari lubang hidung ke mata.

Tanda merah yang terdapat pada punggung biasanya bervariasi dan dalam beberapa kasus sama sekali tidak ada tanda tersebut dan garis merah yang membentang dari lubang hidung ke mata selalu ada.

Giant Day Gecko Atau Tokek Giant Day


Saat mereka masih muda, biasanya tukik sering menunjukkan lebih banyak warna merah daripada induknya, namun seiring berjalannya waktu akan banyak tanda merah di tubuhnya perlahan memudar.

Bagian bawah tokek giant day biasanya berwarna putih krem atau kuning telur. Dan akan berubah menjadi agak gelap yang menandakan tokek dalam keadaan stress.

Cara Merawat Giant Day Gecko Yang Baik Dan Benar

Saat ini perdagangan giant day gecko tak kalah populer dengan tokek - tokek jenis lainnya seperti leopard gecko, crested gecko, dll.

Karena warna tokek giant day yang luar biasa cerah ini serta ukurannya yang ideal membuatnya banyak dipelihara di teratium rumah sebagai tokek hias.

Ketersediaan Tokek Giant Day

Dahulu tokek giant sangat jarang kita temui di toko - toko reptil, tetapi sekarang kita dapat menemuinya dengan mudah di toko reptil online maupun offline.

Untuk harga biasanya bervariasi tergantung usia dan kualitas warna, biasanya mereka dapat kita bawa pulang dengan harga 500 ribu hingga 3 juta lebih. Untuk Morf warna baru atau yang lebih langka, biasanya harga akan melambung tinggi.

Ukuran Giant Day Gecko

Sesuai dengan namanya, mereka merupakan jenis terbesar di spesiesnya, dengan jantan dewasa dapat tumbuh hingga 30 cm, dan betina dewasa hanya 1 atau 2 inci lebih kecil.

Umur Hidup Giant Day Gecko

Jika perawatan yang dilakukan tergolong baik, maka mereka dapat bertahan hidup lebih lama hingga mencapai 20 tahun, dengan umur rata - rata 6 sampai 8 tahun.

Kandang Giant Day Gecko

Umumnya, mereka dapat tumbuh dengan subur di teratium naturalistik yang dikelola dengan baik. Karena meraka umumnya adalah hewan arboreal atau yang memiliki kebiasaan hidup di pepohonan sebaiknya kandang berorientasi vertikal atau memanjang keatas.

Tambahkan bambu atau cabang yang miring dari permukaan kandang ke atas agar tokek dapat mudah memanjat. Atau gunakan juga tanaman hidup agar menambah desain naturalistik dan meningkatkan kelembaban.

Mereka akan hidup dengan lebih baik ketika ditempatkan secara individu atau berpasangan. perlu diperhatikan agar tidak menempatkan 2 jantan dalam satu kandang, karena mereka akan saling bertarung hingga salah satu mati atau terluka parah.

Terkadang, betina juga akan dapat menolak jantan yang ditempatkan dalam kandang yang sama, segera pisahkan atau mereka juga akan bertarung.

Namun, apabila betina menerima jantan yang kita tempatkan dalam kandang yang sama, jangan pisahkan mereka, karena mereka akan terikat seumur hidup dan tidak akan bertarung. Selain itu apabila kita memisahkannya, terkadang betina akan menolak jantan lainnya.

Pencahayaan dan Suhu Giant Day Gecko

Tokek giant day adalah hewan diurnal yang artinya lebih aktif di siang hari dan akan tidur apabila malam tiba.

Penggunaan UVB berkualitas tinggi akan dapat membantu memenuhi vitamin D3. Pertahankan tempat berjemur dengan suhu berkisar 95 derajat fahrenheit. Dan suhu disekitarnya paling tidak 86 derajat saat siang hari dan 75 hingga 82 derajar saat malam hari.

Substrat Giant Day Gecko

Saat tersedia banyak substrat yang dirancang untuk terarium layaknya hutan hujan yang banyak ditemui di toko reptil.

Seperti campuran gambut /  tanah, atau serat serat kasar kelapa dan berbagai keping kulit kayu dapat kita jadikan substrat dengan mempertimbangkan ukurannya yang besar agar tidak tertelah oleh tokek baik disengaja ataupun tanpa sengaja.

Makanan Giant Day Gecko

Dialam liar mereka biasanya memakan serangga, buah, atau kadal kecil bahkan mamalia kecil. Namun saat dipelihara mereka juga menerima makanan serangga seperti jangkrik, cacing lilin, kecoak, ulat.

Saat ini juga tersedia banyak makanan dengan gizi seimbang yang dapat dengan mudah kita temui di berbagai toko hewan atau reptil.

Kita dapat memberikan jangkrik atau serangga 2 kali dalam semingga dan buah 1 atau 2 kali seminggu.

Jangan lupa tambahkan serangga dengan suplemen kalsium terlebih dahulu sebelum di umpankan. Serta gunakan juga suplemen multimineral sekali seminggu dengan menambahkannya ke buah.

Air Untuk Giant Day Gecko

Setidaknya buat gerimis atau kabut harian dengan menggunakan botol semprot untuk menyediakan kebutuhan air bagi mereka. Tokek giant akan menjilati tetasan air yang terdapat pada cabang atau disekitarnya.

Jangan langsung menyemprotkannya ke tubuh mereka atau mereka akan mengeluarkan air mata dan hidung mereka. Selain itu kabut atau gerimis juga berfungsi untuk mempertahankan kelembaban disekitar kandang.

Penanganan Dan Temperamen Giant Day Gecko

Spesies Giant Day gecko umumnya merupakan reptil yang kita nikmati didalam terarium. Namun mereka masih tetap dapat mengenali penjaganya dan seiring dengan berjalannya waktu, mereka dapat makan buah yang langsung kita pegang.

Mereka dapat dijinakkan namun tidak direkomendasikan kita mengambilnya dan memegangnya terus menerus, karena kita dapat melukainya dan membuat kulit mereka terkelupas.

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana Cara Merawat Giant Day Gecko Yang Benar ? Yuk simak"