Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar Untuk Pemula

Di artikel sebelumnya FHA sudah membagikan artikel tentang tips cara memelihara Gecko, dan kali ini akan membagikan tutoral tentang cara merawat iguana supaya cepat besar dari baby atau anakan hingga dewasa dan jinak kepada majikan.

Iguana adalah hewan yang masuk dalam kategori reptil herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan, dan hewan ini adalah asli berasal dari benua Amerika.

Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar Untuk Pemula

Iguana menjadi salah satu reptil yang unik karena memiliki kulit khas iguana, spike atau duri yang tumbuh di tubuh bagian atas dari dari batas kepala hingga ekor, dan mempunyai sifat yang anteng.

Sifat anteng iguana inilah yang sangat disukai oleh penghobi reptil di Indonesia dari beberapa tahun lalu hingga saat ini. Selain sifatnya yang anteng, hewan ini dapat tumbuh hingga menjadi besar (jumbo).

Biasanya para reptiler menyukai hewan-hewan reptil yang dapat tumbuh hingga menjadi besar dan salah satunya yakni Iguana. Cara merawat iguana pun sebenarnya tidak cukup sulit untuk orang awam sekalipun.

Saat ini informasi apapun sudah dapat kita cari di internet dengan mudah seperti tutorial cara merawat iguana supaya cepat besar ini, terkadang orang juga mencari artikel lainnya seperti cara meningkatkan nafsu makan iguana, cara mengawinkan iguana, hingga cara menetaskan telur iguana.

Sebelum Anda membeli iguana, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu lebih jauh tentang iguana. Meskipun iguana tidak membutuhkan perawatan khusus, Anda tetap harus memperhatikan kelayakan hidup iguana dan tetap berhati-hati.

Meskipun jinak, iguana terkadang dapat menggigit atau mengibaskan ekornya untuk menyerang jika merasa dalam keadaan bahaya atau dianggap sebagai ancaman baginya. Jadi Anda tetap harus berhati-hati.

Cara Merawat Iguana Baby Supaya Cepat Besar


Setelah beberapa informasi seperti di atas tadi, selanjutnya saya akan membagikan tips agar iguana peliharaan Anda yang semula dari baby atau masih kecil menjadi cepat besar. Tutorial ini dikhususkan untuk pemula yang baru memelihara iguana.

Tips ini berlaku untuk semua jenis iguana, mulai dari green, red, blue, albino, dan snow. Ok langsung saja simak di bawah ini.

Beri Iguana Makanan Secara Teratur


Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar Untuk Pemula

Pertama Iguana harus diberi makan secara teratur yang dapat membuat proses pertumbuhan iguana menjadi lebih cepat besar. Anda bisa memberikan makanan pada waktu pagi hari, siang, dan sore hari.

Jangan pernah memberikan iguana makan malam hari sebelum atau menjelang tidur, berilah makan pada saat sinar matahari bersinar mulai dari pagi hingga sore hari.

Untuk besaran makanannya tergantung iguana itu sendiri, jika sudah tidak mau makan lebih baik jangan dipaksakan untuk makan. Lalu makan apa yang baik dan bagus untuk iguana?

Makanan yang baik untuk iguana adalah makanan hijau-hijauan karena adalah hewan herbivora dan di alam liar sana iguana memakan tumbuh-tumbuhan.

Anda bisa memberi makan iguana seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Jangan pernah memberi makan iguana dengan daging, karena perut iguana diciptakan untuk mencerna tumbuh-tumbuhan, judi sulit untuk mencerna daging.

Beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk makan iguana agar cepat besar adalah daun kangkung, daun pepaya, sawi, bayam, dan lain-lain. Lalu untuk buah-buahan Anda bisa memberikan pepaya, pisang, dan buah segar lainnya.

Meskipun iguana hampir menyukai semua jenis buah dan sayuran, Anda tetap bisa mencoba-cobayang paling disukai iguana kesayangan Anda.

Agar cepat besar, Anda bisa memberinya serangga yang mengandung tinggi protein, tapi jangan sesekali di kasih makan daging, lebih baik di kasih makan serangga, itupun jangan setiap hari, kasih seminggu atau 2 minggu sekali saja ya.

Jangan Lupa Sediakan Minum di Dalam Kandang Iguana


Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar Untuk Pemula

Jika di atas tadi dengan cara memberikan makan yang teratur, maka di poin kedua ini dengan memberinya minuman air bersih di dalam kandang. Semua makhluk hidup membutuhkan makan dan minum tidak terkecuali dengan hewan iguana ini.

Meskipun iguana jika diperhatikan jarang sekali terlihat saat minum, namun iguana juga membutuhkan air minum sebagai sumber cairan. Anda dapat menambahkan wadah yang berisi air di dalam kandang iguana agar iguana kesayangan Anda bisa minum kapanpun dia mau.

Anda juga bisa memberikan sayur-sayuran yang sudah diberi air dengan cara disemprotkan air atau direndam air terlebih dahulu, lalu berikan juga buah-buahan yang banyak mengandung air seperti pepaya untuk mengantisipasi iguana mengalami dehidrasi, dan cara ini tentunya dapat membuat iguana suapa cepat besar.

Air dibutuhkan iguana agar tidak dehidrasi atau kekurangan cairan, selain itu air dapat membantu proses pencernaan dan melancarkan buang air iguana. Jika iguana jarang minum atau jarang mendapatkan sumber cairan, biasanya iguana akan mengalami penyakit yang namanya Bladder Stone atau biasa disebut BS.

Bladder stone ini merupakan sisa makanan yang menggumpal di perut dan akhirnya mengeras, atau bisa disebut batu ginjal, maka dari itu iguana sangat perlu diberikan air minum atau makanan yang mempunyai banyak cairan untuk menyehatkan pencernaan dan melancarkan buang air, sehingga dapat mencegah iguana mengalami penyakit Bladder Stone.

Jemur Iguana Saat Pagi Hari


Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar Untuk Pemula

Iguana adalah hewan yang berdarah dingin dan sangat membutuhkan vitamin D atau kalsium untuk pertumbuhan tulang dan tentunya dapat mendukung iguana agar cepat besar. Anda bisa memberinya bubuk kalsium yang biasanya dijual di pasaran.

Selain memberinya bubuk kalsium, Anda bisa menjemur iguana di bawah terik matahari pagi. Jangan di jemur di siang hari karena siang hari panasnya berbeda, bukan panas vitamin D ya. Jadi jemur di pagi hari antara jam 7-9 pagi.

Sebelum dijemur Anda bisa memandikan iguana dengan air hangat atau air biasa tidak masalah. Lalu biarkan iguana berenang-renang, biasanya saat iguana dimandikan akan mengeluarkan kotoran pup. Jika sudah mengeluarkan kotoran, selanjutnya angkat dari wadah tempat mandi iguana dan bisa mulai Anda jemur.

Untuk waktu penjemuran tidak perlu lama-lama, Anda bisa menjemurnya sekitar 10-15 menit saja atau jika iguana sudah membuka mulutnya bertanda iguana tersebut sudah merasa panas, maka segera angkat iguana Anda dari panasnya matahari pagi.

Selanjutnya beri makan iguana Anda dengan sayuran yang sebelumnya sudah disemprot air atau sudah dibasahi daunnya, agar segar dan iguana dapat asupan cairan.

Jika anda dalam seminggu tidak sempat menjemur iguana, Anda dapat menggunakan bantuan lampur UVA-UVB yang sudah dipercaya dapat menggantikan cahaya matahari.

Pasang lampu UVA-UVB di kandang iguana, lalu nyalakan untuk beberapa saat, jangan terlalu lama ya.

Perhatikan Kandang Iguana


Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar Untuk Pemula

Selain poin tiga di atas, Anda juga harus memperhatikan kandang yang ditempati iguana. Kandang harus dalam keadaan bersih agar iguana merasa nyaman, kandang juga jangan terlalu kecil agar iguana leluasa untuk bergerak.

Selain memberi makan yang teratur, kandang iguana juga diusahakan jangan terlalu kecil supaya tubuh iguana cepat besar.

Itulah tadi tentang cara merawat iguana supaya cept besar untuk pemula. Orang yang baru memelihara iguana cocok banget membaca artikel bermanfaat ini agar iguana yang dipelihara cepat besar dan terus berkembang.

Mungkin itu dulu artikel kali ini, jika Anda mempunyai pertanyaan atau masukkan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar Untuk Pemula"