Cara Merawat Kura Kura Brazil Serta Tips Memeliharanya

Berikut kami akan membagikan artikel terkait bagaimana cara merawat dan cara memelihara kura kura brazil atau yang sering disebut red-eared slider dengan baik dan benar, serta beberapa tips dan infomasi perawatannya.

Sebutan Red-Ear Slider ini mengacu karena adanya semburat berwarna merah di sisi kepalanya tau lebih tepat dibelakang matanya dan sangat menyerupai layaknya telinga.

Cara merawat dan Memelihara kura kura brazil


Kura kura brazil ini berasal dari bagian Selatan Amerika Serikat, dengan warna tempurungnya yang campuran antara hijau dan kuning atau merah.

Layaknya ular,  red-ear slider mampu beradaptasi sangat baik terhadap lingkungan disekitarnya dan dapat mencapai umur hingga 20 tahun dengan panjang maksimak hingga 30 cm.

Cara Merawat Kura Kura Brazil Bagi Pemula

Cara Merawat Kura Kura Brazil

Deskripsi Kura Kura Brazil atau Red Ear Slider

Kura-kura brazil atau yang sering disebut dengan red-eared slider merupakan reptil yang berasal dari bagian Selatan Amerika Serikat, dengan sisik ditubuhnya serta 4 kaki dan tempurung di punggungnya.

Kura kura jenis ini memiliki sejarah panjang dalam perdagangan hewan peliharaan dan telah disimpan dalam jangka waktu yang lama oleh penggemar reptil.

Namun juga banyak kasus dimana kura kura brazil yang dipelihara mati karena kurangnya pengetahuan tentang merawat atau memeliharanya, hanya karena anak menginginkannya.

Untungnya, kemudahan akses informasi saat ini membuat para pecinta reptil semakin berpengalaman dalam merawat dan menjaganya serta memberi kesempatan terhadap kura kura brazil untuk bertahan hidup lebih baik.

Habitat Dan Perilaku Kura Kura Brazil

Kura kura brazil hidup di perairan dengan air yang tawar yang mempunyai aliran lambat serta pasokan air segar dan hangat, serta mereka akan banyak menghabiskan waktunya didalam air dan Mereka hanya berjemur saat hari terasa cerah.

Yang menarik adalah mereka suka sekali bertumpuk satu sama lain diatas bebatuan ataupun batang kayu, dan saat mendengar suara atau gerakan sekecil apapun mereka akan segera meluncur kembali kedalam air.

karena ini mereka mendapat julukan slider, dan dengan ciri khas tanda merah dibagian belakang matanya yang berwarna merah kemudian mereka mendapat panggilan lain yaitu red eared slider.

Namun kura kura hasil penangkaran atau yang sudah jinak, mereka akan ramah sekali terhadap orang dan akan sering berenang mendekatinya hanya sekedar meminta makan.

Ketersediaan Red-Eared Atau Kura Kura Brazil Dipasar

Slider bertelinga merah merupakan salah satu jenis kura kura yang paling umum dan banyak ditemukan di toko hewan untuk dijual.

Dan ini merupakan jenis kura kura yang paling populer dan paling mudah dipelihara oleh penggemar reptil.

Ukuran Kura Kura Brazil

Untuk ukuran kura kura brazil jantan, mereka dapat tumbuh hingga mencapai panjang 12 inci atau sekitar 30 cm, sedangkan betina biasanya memiliki ukuran lebih besar.

Rentang Hidup Kura Kura Brazil

Karena kura kura tergolong reptil dengan umur hidup yang panjang, red eared slider dapat hidup hingga mencapai lebih dari 20 tahun jika dirawat dengan baik dan benar.

Makanan Kura Kura Brazil

Kura kura jenis ini merupakan hewan omnivora atau pemakan segala, artinya mereka akan makan daging atau tumbuhan. Saat berada dialam liar mereka akan banyak makan ikan kecil, ikan mati, katak kecil.

Namun untuk kalian yang berniat memelihara kura kura brazil kami sarankan memberikan makanan penyu komersial untuk manfaat pertumbuhan dan kesehatan tepat.

Namun kalian juga dapat menggunakan variasi makanan dibawah ini untuk memenuhi nutrisi lainnya antara lain :

Sayuran

Mereka juga suka mengkonsumsi sayuran hijau seperti sawi, atau wortel serta beberapa sayuran lain yang mengandung banyak kalsium.

Pelet

Ini merupakan makanan yang mudah ditemui dan mudah dibeli dibanyak tempat, namun jangan memberikannya setiap hari, harus di selingi oleh makanan lain.

Buah

Mereka juga suka buah-buahan seperti pepaya, pisang, atau tomat. Sama seperti pelet, jangan terlalu sering memberikannya setiap hari, cukup varisikan makanan setiap hari.

Serangga

Ini merupakan makanan yang umum bagi sebagian reptil termasuk kura kura brazil, kita dapat memberikan mereka serangga seperti jangkrik atau jenis serangga kecil lainnya.

Ikan Dan Daging Mentah

Kura kura tergolong rakus dan suka makan, termasuk daging mentah atau ikan. Namun usahakan untuk menghindari daging mentah serta ikan laut dan ikan beku.

Walaupun mennyukai daging mentah, tetapi makanan tersebut tidak banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan kura kura, sebaliknya hanya akan menyebabkan kegemukan karena kandungan lemak dalam daging mentah.

Jika ingin memberikan daging, sebaiknya masak terlebih dahulu tanpa bumbu, jika tidak ditakutkan hanya akan menyebabkan peningkatan risiko penyakit jangka panjang.

Rumah Kura Kura Brazil

Saat mereka kecil, memang tampilannya terlihat lucu dan menggemaskan, tapi ingat karena saat mereka dewasa dapat tumbuh hingga mencapai panjang 30 cm.

Umumnya, para pecinta reptil yang berpengalaman akan memberikan mereka ukuran wadah sesuai dengan ukurannya dengan detail setiap 1 inci tumbuh mereka harus diberikan sekitar 10 galon air.

Jadi jika ukuran kura kura brazil kita sebesar 5 inci, jadi berikan mereka setidaknya 50 galon air, hal ini hanya bertujuan untuk kenyamanan dan tempat gerak yang memadai bagi kura kura ketika berenang atau cukup taruh di akuarium atau bak penyu, dll.

Hal yang harus terdapat dalam rumah atau kandang kura kura brazil yang utama adalah penyaring air, tempat berjemur.

Karena mereka sering kali menghasilkan banyak limbah atau kotoran, kami sarankan membeli penyaring air dengan kualitas yang bagus dan sering mengganti airnya apabila dirasa sudah mulai keruh.

Dan tempat berjemur merupakan hal yang wajar mengingat mereka tergolong hewan yang berdarah dingin dan akan menyesuaikan suhu tubuh dengan lingkungannya.

Untuk pemanas air, sebenarnya ini optional tergantung kita akan membelinya atau tidak, karena suhu di indonesia sendiri tergolong hangat dan cocok untuk kura kura brazil, jadi cukup jauhkan mereka dari angin sejuk atau angin dingin.

Ketika berjemur, sebenarnya mereka membutuhkan sinar matahari, namun kita dapat menggantinya dengan menyediakan lampu sinar UVB dan UVA dengan suhu tetap antara 85 hingga 90 derajat fahrenheit, ini juga tersedia banyak di toko hewan.

Penanganan Dan Temperamen Kura Kura Brazil

Kura kura brazil hasil penangkaran dan yang ditampak dialam liar memiliki perbedaan temperamen. Umumnya saat mereka berada dialam liar, mereka akan lebih berhati hati dan takut saat didekati manusia dan akan secepat mungkin meluncur kedalam air untuk berlindung.

Namun saat dikembang biakkan, mereka akan sangat ramah terhadap manusia dan malah akan sering berenang dan mendekati manusia serta mencoba meminta makan.

Namun, sekalipun sudah dijinakkan, mereka tetap akan menggigit atau masuk kedalam cangkangnya apabila merasa terancam.

Tips Memelihara Kura Kura Brazil

Tips Memelihara Kura Kura Brazil

Kandang Ideal Untuk Kura Kura Brazil

Karena ukuran kura kura brazil dewasa dapat mencapai panjang hingga 30cm, kita tidak dapat lagi menempatkan mereka ditempat yang sama saat mereka masih kecil.

Kandang ideal untuk kura kura brazil adalah 125 atau 300 galon untuk dua kura kura brazil dewasa, namun jika kita berniat serius memeliharanya dan mencoba menjadi peternak, alangkah baiknya kita membuat kolam sendiri.

Umumnya para peternak reptil air akan membuat kandang besar dari fiberglass dala ukuran besar agar sukses dalam mengembangbiakkan kura kura brazil atau reptil lain seperti buaya, dll.

Karena banyak air dalam kolam besar, disarankan untuk memasang pemanas air, agar kehangatan air yang dibutuhkan oleh kura kura brazil optimal dengan kisaran 70 hingga 62 derajat fahrenheit.

Kebutuhan Cahaya Kura Kura Brazil

Mereka umumnya akan berjemur dibawah sinar matahari untuk meningkatkan suhu tubuhnya agar sesuai dengan suhu lingkungannya.

Kita dapat mengganti sinar matahari dengan menggunakan pencahayaan spektrum penuh untuk kesejahteraan fisik ataupun psikologis kura kura brazil.

Selain itu pencahayaan spektrum penuh dapat membantu mendistribusikan kalsium dan produksi vitamin yang tepat dan cenderung menjaga kura kura brazil bebas dari gangguan tulang ataupun sendi.

Selalu sediakan mereka tempat untuk berjemur dimana mereka dapat naik ke permukaan sepenuhnya keluar dari air karena mereka juga membutuhkan area yang cocok untuk mengeringkan diri dari air.

Mereka akan menikmati menikmati waktu ketika berjemur dibawah sinar hangat, selain itu periode pengeringan juga membantu mereka mengurangi kemungkinan penyakit kulit seperti parasit atau infeksi serta melepuhnya kulit mereka karena berada diair setiap saat.

Untuk satu kura kura brazil cukup gunakan lampu dengan watt rendah dengan jarak yang tidak terlalu jauh, atau gunakan lampu dengan 250 watt dengan jarak 24 inci atau 60 cm dari tempat berjemur yang landai.

Tempat berjemur yang landai memungkinkan kura kura memilih posisi yang tepat baginya untuk mengoptimalkan sinar dan tidak membahayakan bagi dirinya.

Dekorasi Untuk Kura Kura Brazil

Dekorasi kolam atau akuarium untuk kura kura brazil tergantung pada bagaimana kita akan menambahkan sesuatu.

Ini hanyalah opsional dan tidak perlu kita lakukan, tapi dengan menambahkan objek berupa batu atau kayu selain dari tempat berjemur memungkinkan kura kura dapat menjelajah dan tidak membuatnya stress.

Selain itu menambah kerikil berwarna atau pasir dan beberapa tumbuhan air yang hidup atau buatan atau berbagai macam aksesoris dekorasi lainnya dapat menambah keindahan visual dan membuatnya tangki atau akuarium menjadi lebih menarik mata.

Namun tetap pastikan keamanan kura kura brazil apabila akan menambahkah tanaman hidup, ini karena mungkin kura kura tersebut akan memakan akar atau batang atau daunnya, pastikan semua aman dan tidak membahayakan kura kura kita.

Filter Air Untuk Kura Kura Brazil

Red Eared Slider mempunyai nafsu makan yang tinggi dan akan menghasilkan limbah biologis yang banyak, oleh karena itu kita memerlukan filter air dengan kualitas yang bagus.

Kita dapat menggunakan filter pasir kolam renang apabila mempunyai kandang kura kura yang besar, hal ini tentu saja berguna untuk menjaga kesehatan kura kura dan kita sebagai penjaga juga terbebas dari bakteri berbahaya yang timbul akibat kotorannya.

Namun apabila menggunakan kolam kecil dan hanya berisi satu kura kura maka filter akuarium biasa sudah cukup untuk mengatasinya. Dan pastikan untuk mengganti airnya 2 kali dalam satu bulan untuk mencegah penumpukan amonia atau urin.

Menangani Kura Kura Brazil

Saat membeli kura kura brazil, tidak banyak penjaga toko akan memberikan saran bagaimana kita menghindari penyakit akibat bersentuhan langsung dengan kura kura brazil.

Tidak masalah kita melakukan kontak harian dengan kura kura brazil, namun untuk mencegah tertular salmonella ( Bakteri Salmonella Typhi yang menyerang usus ), alangkah baiknya kita mencuci tangan dengan sabun kurang lebih 20 detik sebelum atau setelah melakukan kontak.

Selain itu kita juga harus menjaga kebersihan kandang, air, dan kesehatan kura kura itu sendiri agar tidak ada bakteri yang terkumpul.

Memberi Makan Kura Kura Brazil

Karena kura kura brazil tergolong rakus, saat kita mendekatinya mereka pasti juga akan mendekati kita dan berharap mendapatkan makan.

Kita dapat memberikan makan red eared slider 3 kali seminggu, atau jika ingin memberinya makan setiap hari, lakukan dengan memberinya porsi kecil namun bertahap.

Karena kelebihan makanan ataupun nutrisi dapat menyebabkan kura kura brazil tumbuh upnormal serta mengalami kegemukan yang tentu saja membahayakan nyawa kura kura kita.

Itulah beberapa informasi bagaimana cara merawat kura kura brazil yang benar serta beberapa tips dalam memeliharanya.

Semoga Bermanfaat, Terimakasih.

Tidak ada komentar untuk "Cara Merawat Kura Kura Brazil Serta Tips Memeliharanya"