Cara Merawat Leopard Gecko Atau Tokek Leopard

Berikut merupakan artikel lanjutan cara merawat leopard gecko, yang sebelumnya telah kami bahas mengenai informasi lengkap leopard gecko.

Leopard gecko semakin populer dan merupakan salah satu contoh reptil yang paling banyak dijadikan hewan peliharaan.

Tokek jenis ini tergolong mudah untuk dipelihara dan sangat direkomendasikan untuk pemula yang ingin memelihara reptil jenis tokek ini.

Famili : Gekkonidae

Panjang : 6 - 10 Inchi

Habitat : Daerah bebatuan atau Padang Rumput

Umur Hidup : 12 hingga 20 Tahun

Perawatan : Mudah

Perawatan Leopard Gecko

Perawatan Leopard Gecko

Leopard Gecko ( Eublepharis Macularius )

Merupakan salah satu jenis reptil bangsa kadal dari famili gekkonidae yang saat ini sangat populer untuk dijadikan hewan reptil peliharaan.

Tokek ini memiliki berbagai warna dan pola serta ukuran dan merupakan spesies yang cocok untuk dijadikan reptil hias di rumah.

Ketersediaan Leopard Gecko

Tokek leopard saat hasil penangkaran atau ternak dapat dengan mudah di temui di berbagai toko hewan peliharaan.

Dan juga saat ini para peternak juga memiliki website sendiri untuk menjual serta berbagi pengalaman bagaimana mempelajari , memilih dan membeli yang leopard gecko yang sehat.

Untuk harga tokek leopard sendiri bervariasi tergantung dari ukuran, pola yang dimiliki hingga keunikan langka lainnya dengan kisaran 260.000 hingga lebih dari 3.000.000.

Ukuran Leopard Gecko

Panjang tokek muda atau tokek kecil dapat mencapai 3 sampai 4 inchi dan betina dewasa biasanya memiliki ukuran 7 hingga 8 inchi dan jantan dewasa memiliki ukuran 8 hingga 10 inchi.

Masa Hidup Leopard Gecko

Tokek jenis leopard gecko ini memiliki umur yang lebih lama dibanding beberapa reptil lainnya. Dengan rata - rata masa hidup tokek dapat mencapai 6 hingga 10 tahun.

Namun kebanyakan tokek jantan dewasa dapat hidup mencapai 10 hingga 20 tahun.

Kandang Leopard Gecko

Teratium dengan ukuran 10 hingga 20 galon umumnya dapat menampung 1 atau 2 tokek leopard. Namun banyak orang menjadikan toples atau wadah plastik sebagai rumah tokek.

Setiap kandang setidaknya harus memiliki tinggi minimal 30 cm serta memperhatikan bagian atas yang aman dengan dukungan lampu dan ventilasi yang baik.

Gunakan vermikulit, sehingga tokek dapat melepaskan kulitnya dengan baik ketika tiba waktunya untuk berganti kulit.

Namun jika kalian berencana untuk membiakkan tokek, agar memperhatikan ukuran teratium, lampu, vermikulit atau alas, menambahkan hiasan atau bebatuan agar terlihat seperti habitat alaminya.

Pencahayaan dan Suhu Leopard Gecko

Tokek tergolong dalam reptil berdarah dingin yang artinya akan menyesuaikan suhu tubuh dengan lingungannya, serta mereka tidak suka berada di tempat yang dingin.

Umumnya, suhu ideal kandang adalah antara 88 hingga 90 derajat fahrenheit setiap saat, atau setidaknya suhu udara sekitar tempat tinggalnya harus berada diatas 73 derajat fahrenheit.

Kita dapat menggunakan lampu dengan watt kecil untuk memberikan suhu yang tepat bagi tokek dengan durasi 12 jam sehari.

Substrat Leopard Gecko

Subtrat atau biasa disebut alas merupakan salah satu komponen penting untuk gecko, kita dapat menggunakan berbagai pasir khusus alas gecko atau zeolite.

Namun hal tersebut menjadi rentang karena Tokek muda atau lemah mungkin akan mengkonsumsi pasir atau partikel halus lainnya di alas kandang dan menyebabkan impaksi usus.

Oleh sebab itu, sering bersihkan kandang agar untuk menjaga kesehatan gecko dan gunakan kertas yang mudah diganti setiap saat apabila kita menaruh gecko dalam toples atau wadah plastik.

Dan hindari menggunakan tanah atau pasir tanaman komersial karena mungkin saja tanah tersebut mengandung pupuk atau pestisida.

Makanan Leopard Gecko

Leopard gecko merupakan hewan karnovora sehingga mereka tidak makan sayuran atau tanaman, mereka lebih menyukai serangga hidup dan itu merupakan suatu keharusan.

Makanan terbaik untuk mereka yakni ulat hongkong atau jangkrik. Kita juga dapat memberikan bubuk bergizi terlebih dahulu untuk jangkrik sebelum diumpankan ke tokek dan paling tidak dengan rentang waktu 12 jam sesudah jangkrik makan bubuk tersebut.

Proses ini disebut dengan pemuatan usus dan ini juga merupakan hal penting untuk kesehatan leopard gecko. Bubuk ini dapat dengan mudah kita temui di pet shop.

Untuk jumlah serangga yang diberikan kita dapat menghitungnya berdasarkan panjang tokek tersebut. Setidaknya setiap 1 inchi harus 2 serangga, jadi apabila tokek kita memiliki panjang 4 inchi kita kan memberinya 8 serangga atau ulat.

Air Untuk Leopard Gecko

Sediakan tempat air dengan kedalaman yang dangkal, dengan air tawar yang selalu tersedia setiap saat. Stabilkan wadah air agar tidak tumpah.

Alas atau substrat kandang harus selalu kering, jadi berhati hatilah dengan tumpahan air, serta jangan menambahkan vitamin tetes kedalam air.

Penanganan dan Temperamen Leopard Gecko

Secara umum, hindari memegang tokek leopard saat masih muda setidaknya hingga mereka mencapai panjang 6 inchi.

Setelah cukup besar, kita dapat bermain dengannya dengan cara biarkan tokek secara alami merangkak ke tangan kita setidaknya 10 hingga 15 menit per hari agar mereka terbiasa dengan sentuhan kita.

Proses ini dimaksudkan untuk penjinakan tokek tersebut dan hanya membutuhkan waktu paling lama 1 minggu.

Serta hindari memegang ekor karena ekor leopard gecko tergolong rapuh.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat dan cara memelihara leopard gecko yang baik dan benar, kita juga dapat berkonsultasi dengan penggemar reptil secara langsung agar lebih memahami cara merawat leopard gecko yang benar.

Tidak ada komentar untuk "Cara Merawat Leopard Gecko Atau Tokek Leopard"