Cara Merawat Tokek Ekor Gemuk Afrika

Tokek berekor gemuk Afrika adalah kadal darat yang aktif di malam hari yang berasal dari daerah gurun di Afrika Barat.

Tokek Afrika yang berekor gemuk menjadi hewan peliharaan yang semakin populer, sebagian karena kemampuan mereka untuk berkembang dalam penawanan tetapi juga karena sifat mereka yang patuh dan keterbukaan mereka untuk ditangani.

Lembar perawatan tokek ini mencakup persediaan reptil dan kiat peternakan untuk kesehatan dan kesejahteraan Reptil.

Perawatan tokek ekor gemuk afrika


Pewarnaan normal mereka terdiri dari latar belakang cokelat pucat atau cokelat yang beraksen oleh garis-garis cokelat dan cokelat terang, dengan beberapa juga menampilkan garis putih tipis di sepanjang punggung mereka.

Mereka adalah satu dari sedikit spesies tokek yang memiliki kelopak mata, yang membantu menjaga mata mereka tetap bersih di lingkungan alami mereka yang berdebu.

Cara Perawatan African Fat Tailed Gecko

Ketersediaan

Tokek berekor gemuk Afrika belum tersedia secara luas seperti tokek macan tutul yang lebih umum, tetapi sekarang tersedia secara online melalui peternak yang berspesialisasi dalam penangkaran mereka.

Kalian juga dapat menemukannya di pameran reptil lokal Anda. Tokek tangkapan liar mungkin tersedia, tetapi kami sangat menyarankan untuk membeli hewan penangkaran.

Warna dan pola morph telah menjadi lebih banyak tersedia selama lima tahun terakhir dan sekarang Anda dapat memilih dari berbagai warna yang indah.

Ukuran

Tokek ekor gemuk memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan tokek macan tutul tetapi biasanya memiliki kepala yang lebih besar dan kaki yang lebih kuat.

Tukik biasanya sekitar 2 inci dan akan tumbuh sekitar 9 inci. Jantan akan sedikit lebih besar dan memiliki kepala lebih lebar.

Masa Hidup

Ketika dirawat dengan baik, tokek berekor lemak telah dikenal hidup selama 15-20 tahun di penangkaran.

Kandang

Terlepas dari apakah Anda seorang hobi / peternak atau pemilik hewan peliharaan, saran kami adalah sama dan itu adalah untuk membuatnya tetap sederhana.

Untuk pemilik hewan peliharaan, pilihan terbaik Anda untuk kandang adalah terarium reptil, sedangkan penghobi / peternak yang akan memelihara beberapa tokek harus melihat ke sistem rak.

Akuarium 10 galon dapat menampung sepasang tokek. Banyak tokek betina dapat ditampung bersama atau dapat ditampung dengan satu jantan.

Sangat penting untuk tidak pernah menempatkan dua ekor tokek jantan berbadan gemuk secara bersamaan karena pejantan akan mempertahankan wilayah mereka melalui pertempuran agresif yang dapat menyebabkan cedera serius.

Pemanasan Dan Pencahayaan

Tokek Ekor Gemuk Afrika harus terpapar cahaya selama 10-12 jam per hari, tetapi karena mereka aktif di malam hari, mereka tidak memerlukan sinar UVB.

Kami percaya bahwa panas terbaik disediakan dari bawah. Dalam hal ini selungkup kaca, kita dapat menggunakan pemanas di bawah tangki, seperti Zilla Heat Pad, sedangkan opsi terbaik bagi peternak untuk sistem rak adalah kabel panas atau pita panas yang dikendalikan oleh termostat.

Termostat sederhana yang dapat digunakan untuk tokek bertempat tunggal, adalah Zilla Terrarium Heat & Habitat Lighting Controller untuk Reptil.

Karena reptil berdarah dingin dan mengandalkan lingkungannya untuk mengontrol suhu tubuh, penting agar sumber panasnya tetap sekitar 90F dan terletak di satu ujung.

Kalian dapat menggunakan termometer reptil untuk memonitor suhu. Ini akan memberi tokek kemampuan untuk melakukan termoregulasi dengan bergerak dari sumber panas ke area yang lebih dingin dari selungkup mulai dari suhu 70an sampai 80an.

Dengan kata lain, jangan memanaskan seluruh kandang.

Tokek ekor gemuk Afrika adalah nokturnal sehingga tempat perlindungan reptil di dalam kandang mereka akan memberi mereka tempat peristirahatan yang damai untuk tidur atau bersembunyi.

Dalam hal produk habitat Kadal, ini bisa rumit seperti yang Anda inginkan atau bisa sesederhana wadah plastik terbalik dengan pintu dipotong untuk memungkinkan tokek lewat.

Setidaknya salah satu dari area persembunyian ini harus dijaga tetap lembab, untuk membantu proses pergantian kulit, menggunakan handuk kertas atau lumut yang lembab.

Kami merekomendasikan menempatkan tempat penampungan kering di dekat sumber panas sementara tempat yang lembab ditempatkan di ujung yang dingin.

Tokek berekor gemuk Afrika membutuhkan kandang yang sedikit lebih lembab daripada tokek macan tutul, jadi kami juga menyarankan kabut buatan di kandang beberapa kali seminggu dengan Exo Terra Reptile Mister atau semprotan burung yang dapat menghasilkan kabut.

Anda dapat menggunakan Reptil Hygrometer untuk memantau kondisi kelembaban di kandang.

Substrat Kandang

Untuk kemudahan pembersihan dan tujuan kesehatan, kami sarankan untuk menggunakan media kertas seperti koran atau lainnya yang memiliki bahan dasar kertas.

JANGAN gunakan pasir karena hal ini dapat menyebabkan tokek mengalami impaksi usus karena tidak sengaja menelan pasir.

Makanan

Makanan tokek berekor gemuk Afrika biasanya terdiri dari makanan reptil hidup seperti jangkrik dan  atau ulat tepung.

Mereka juga siap menerima ulat sutera, ulat lilin atau tikus kelingking, tetapi makanan ini hanya boleh diberikan sebagai suplemen karena kandungan lemaknya tinggi.

Tokek yang di bawah empat bulan harus diberi makan sekitar lima jangkrik setiap hari dan remaja dan orang dewasa harus diberi makan sekitar sembilan jangkrik atau ulat makan tiga kali seminggu.

Jangkrik harus berukuran tepat untuk tokek dan sebagai pedoman umum kita memberi makan ½ jangkrik untuk tukik yang berumur kurang dari enam minggu, dan kemudian memberi makan 2/3 jangkrik berukuran tepat hingga dan termasuk dewasa.

Jangkrik dapat dimasukkan ke dalam kandang untuk menjelajah tetapi harus dilepaskan jika tokek Anda tidak memakannya dalam beberapa jam. ulat dapat diberikan di piring yang dangkal.

Serangga yang diumpankan harus dilumuri gut load komersial yang tersedia di berbagai toko reptil untuk memberikan mereka nutrisi bermanfaat.

Serta kita dapat menambahkan vitamin pada makanannya setidaknya seminggu sekali.

Air

Air segar harus selalu tersedia setiap saat didalam kandang dan kita dapat menggunakan wadah air reptil atau wadah buatan sendiri tetapi harus yang dangkal.

Penanganan Dan Temperamen

Tokek berekor gemuk Afrika bisa pemalu, tetapi juga bisa terbuka untuk ditangani dan bisa menjadi jinak dengan kontak teratur.

Penting untuk selalu berhati-hati saat memegang tokek dan penting untuk tidak memegang atau membatasi ekor tokek.

Ekor tokek berekor lemak akan terlepas sebagai bagian dari mekanisme pertahanan yang disebut autonomi kaudal. Jika tokek Anda menjatuhkan ekornya, ia akan menumbuhkan ekor yang baru, tetapi ia akan memiliki penampilan yang berbeda dari ekor aslinya.

Tidak ada komentar untuk "Cara Merawat Tokek Ekor Gemuk Afrika"