Ciri-Ciri Lengkap Reptil Beserta Penjelasannya

Hal termudah dalam membedakan hewan reptil adalah melalui ciri cirinya yang khas dan tidak dimiliki oleh hewan lainnya.

Reptil adalah Sekelompok hewan vertebrata yang berdarah dingin dan memiliki sisik yang hampir menutupi seluruh tubuhnya.

Reptil tergolong dalam hewan melata karena reptil tumbuh merata dengan permukaan tanah dan hampir semua reptil berjalan dengan menempelkan perutnya ketanah.

Beberapa reptil memiliki ciri khusus lainnya selain dari sisik yang hampir menutupi seluruh tubuhnya, contohnya seperti kura - kura yang mempunyai ciri khas tempurung dipunggungnya.

Sekedar Informasi bahwa reptil dan reptilia itu berbeda pengertian. Reptil digunakan menyebut seluruh kelompok hewan vertebrata

Ciri Ciri reptilia


Sedangkan Reptilia adalah sebutan yang lebih spesifik yaitu untuk menyebut jenis reptil yang berkaki empat.

Ciri Ciri Khas Reptil Dan Reptilia

Berikut adalah Ciri khas reptil dan reptilia yang telah kami rangkum dari berbagai sumber lengkap dengan penjelasannya

1. Memiliki Sisik Yang Menutupi Tubuhnya

Ciri khas reptil dan reptilia yang pertama adalah sisik yang hampir menutupi seluruh bagian tubuhnya.

Ini mudah dikenali karena pada umumnya sisik - sisik tersebut keras dan kasar, namun terdapat beberapa spesies reptilia dengan sisik yang halus dan terlihat mengkilap seperti kadal kebun.

Pada Spesies kura kura sisik dibagian punggung terganti oleh tempurung yang sangat keras dan juga merupakan mekanisme pertahanan diri apabila terdapat predator disekitarnya.

2. Hampir Semua Reptil Termasuk Hewan Berdarah Dingin

Hampir semua reptil merupakan hewan berdarah dingin yang artinya mereka akan menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu yang ada disekitarnya.

Terdapat beberapa cara ketika reptil menyesuaikan suhu tubuhnya, kebanyakan dari mereka akan berjemur dan saat dirasa cukup mereka akan kembali lagi mencari tempat yang teduh.

Beberapa jenis reptil lainnya seperti buaya biasanya akan membuka mulutnya ketika berjemur.

3. Bernapas Dengan Paru-Paru

Reptil atau reptilia bernapas menggunakan paru-paru yang terdiri dari beberapa lipatan dinding untuk memperbesar permukaan pertukaran gas.

Namun pada spesies kadal, kura kura,buaya, memiliki paru paru yang lebih kompleks dengan beberapa belahan - belahan yang membuat paru parunya bertekstur seperti spon.

Ketika bernapas, reptil ataupun reptilia memiliki dua fase yakni fase Inspirasi proses dimana masuknya oksigen ke dalam tubuh dan fase Ekspirasi yaitu proses dimana keluarnya oksigen dari dalam tubuh.

4. Memiliki Mekanisme Pertahanan Diri

Hampir semua reptil memiliki ciri khas dalam mempertahankan dirinya dari predator. Seperti beberapa jenis kadal dapat memutuskan ekornya, kura - kura yang dapat masuk ke tempurungnya, ular yang memperingatkan predatornya.

Jangan salah, sekalipun ular termasuk dalam predator puncak, tetapi masih ada predator yang memangsa ular, seperti harimau, elang, bahkan manusia.

Reptil yang berada dialam liar, umumnya akan lebih waspada dan akan menjauh apabila ada manusia yang mendekatinya. Mereka tidak akan menyerang apabila mereka tidak diganggu.

5. Berkembang Biak Dengan Cara Bertelur

Hampir semua reptil berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Umumnya mereka akan membangun sarang dengan cara menggali lubang atau membuatnya dengan mengumpulkan rantang atau dedaunan.

Kemudian mereka akan menenggelamkan atau memasukkan telur tersebut kedalam lubang sarang dan menutupnya.

Walaupun hampir semua reptil bertelur, namun terdapat beberapa spesies yang berkembang biak dengan cara ovovivipar atau bertelur dan melahirkan.

Sebenarnya mereka bukan benar - benar melahirkan seperti mamalia, tetapi mereka bertelur dan telur telur tersebut berada di dalam perutnya hingga saat tiba menetas, maka mereka akan terlihat seperti melahirkan.

6. Hampir Semua Reptil Termasuk Dalam Hewan Vertebrata

Kebanyakan reptil saat ini merupakan hewan vertebrata yang artinya mempunyai tulang belakang. Biasanya tulang belakang ini akan membentuk punggung yang membentang dari belakang kepala hingga ekor.

INGAT yaa, semua reptil bukan termasuk tetrapoda. TETRAPODA adalah sebutan untuk reptil yang mempunyai empat kaki lengkap dengan cakar atau jari-jari.

Karena ular termasuk reptil dan bukan merupakan bagian dari tetrapoda karena ular tidak mempunyai empat kaki.

7. Berjalan Dengan Cara Melata

Ini merupakan ciri khas yang paling mudah dikenali yaitu melalui cara berjalan reptil yang melata. karena pertumbuhan reptil yang memanjang dan merata dengan permukaan tanah menyebabkan mereka berjalan dengan merayap.

Seperti ular, umumnya mereka berjalan dengan bantuan otot - otot yang ada di perutnya. Serta cara berjalan reptilia berkaki 4 yang merayap.

Itulah beberapa ciri ciri khas yang dimiliki oleh reptil maupun reptilia. Umumnya masih terdapat beberapa ciri ciri lain, tetapi kami hanya menyebutkan ciri yang membuat reptil menjadi khas.

Selain ciri ciri diatas, kalian dapat melihat contoh reptil secara langsung yang telah kami jabarkan dalam contoh reptil sesuai klasifikasi beserta gambar.

1 komentar untuk "Ciri-Ciri Lengkap Reptil Beserta Penjelasannya"

  1. Makasih gan, informasinya sangat bermanfaat sekali. Jika berkenan kunjungi balik ya di nbcprotect.com ��

    BalasHapus

Posting Komentar