Informasi Lengkap Tokek Leopard Atau Leopard Gecko

Berikut kami akan memberikan Informasi lengkap leopard gecko atau tokek leopard yang biasa dijadikan reptil peliharaan.

Leopard Gecko atau sering disebut Tokek Leopard adalah jenis tokek yang banyak terdapat di Iran, India, dan Pakistan. Ini merupakan tokek hias yang kerap kali dijadikan hewan peliharaan karena warna tubuhnya dan pola yang indah serta perawatannya yang tergolong mudah.

Leopard gecko semakin populer dan juga merupakan salah satu reptil yang paling banyak dipelihara selain iguana hijau.

Leopard Gecko Atau Tokek Leopard

Informasi Lengkap Leopard Gecko

Deskripsi Leopard Gecko

Tokek Leopard termasuk dalam kategori tokek terbesar diantara golongannya, dengan ukuran betina dapat mencapai panjang  18 hingga 20 cm dengan berat badan dapat mencapai 50 hingga 70 gram.

Dan untuk tokek jantan biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dari betina dengan kisaran panjang dapat mencapai 20 - 28 cm dan berat badan mencapai 60 - 80 gram.

Ciri Ciri Leopard Gecko

  • Ekor berbentuk menyerupai daun
  • Kulitnya kasar dan berbintik besar atau kecil
  • Warna dasar tubuhnya kuning pucat atau kuning lemon
  • Bintik biasanya berwarna hitam
  • Mempunyai mata dengan warna hitam pekat
  • Terkadang warna dasar tubuh bervariasi mulai dari kuning, cokelat muda, oranye

Habitat Leopard Gecko

Tokek leopard asli atau liar dapat dengan mudah kita temui di tempat berbatu, padang rumput, atau daerah berpasir di dataran rendah seperti iran, pakistan, hingga india.

Perilaku Dan Makanan Leopard Gecko

Tokek leopard lebih aktif pada malam hari untuk berburu mangsa. dan akan menjadi tidak aktif pada musim dingin karena mereka menyukai tempat yang sejuk.

Dan untuk tokek leopard yang dipelihara, umumnya mereka akan lebih aktif pada saat memerlukan makanan dan akan banyak menghabiskan waktunya dengan beristirahat.

Tokek leopard sangat suka makan serangga kecil seperti semut, kecoa, kumbang, belalang, larva serta cacing, dan umum nya mereka menyukai makanan yang masih hidup daripada yang sudah mati.

Reproduksi

Tokek Leopard berkembang biak dengan cara bertelur dan dapat menghasilkan antara 12 hingga 16 butir dengan masa inkubasi selama 45 hari.

Seperti kebanyakan reptil melata lainnya, jenis kelamin sangat di tentukan oleh suhu atau temperatur lingkungannya dengan suhu sekitar 26 hingga 29 derajat celcius akan menghasilkan tokek betina dan temperatur 31 hingga 33 derajat celcius akan menghasilkan tokek jantan.

Sebagai Hewan Peliharaan

Tokek Leopard menjadi sangat populer di kalangan pecinta reptil karena warnanya yang cantik dan indah dengan perawatan yang tergolong mudah serta perilakunya yang jinak.

Tokek ini sangat direkomendasikan untuk pemula yang ingin memelihara reptil selain perilakunya, serta makanannya yang tergolong dapat dengan mudah ditemui dihampir semua petshop.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai Leopard Gecko Atau Tokek Leopard, dan untuk cara merawatnya, silahkan baca artikel mengenai cara merawat leopard gecko.

Tidak ada komentar untuk "Informasi Lengkap Tokek Leopard Atau Leopard Gecko"