Informasi Lengkap Tentang Bangsa Kura Kura

Berikut kami akan membagikan informasi lengkap tentang apa itu kura kura dan bagaimana kehidupannya.

Kura kura masuk dalam golongan reptil dan masuk dalam ordo Testudinata, dengan ciri khasnya yaitu batok atau tempurung pada tubuhnya.

Informasi lengkap tentang Kura Kura


Tempurung tersebut terdiri dari bagian atas ( Karapas ) dan bagian bawah ( Ventral / Perut ), serta masing - masing bagian tersebut masih mempunyai 2 lapisan yakni lapisan luar ( biasanya berupa sisik ) dan lapisan dalam ( berupa lempengan tulang yang tersusun rapat ).

Di Indonesia, kita mengenal bangsa kura kura mempunyai 3 jenis yaitu penyu, labi - labi atau bulus dan kura kura, namun untuk Internasional masih dibedakan lagi antara kura kura darat dan kura kura air tawar.

Informasi Lengkap Tentang Bangsa Kura Kura

Deskripsi Kura Kura

Kura kura merupakan reptil berkaki empat dengan sisik di tubuhnya dan mempunyai ciri khas tempurung di tubuhnya.

Saat ini kura kura tersebar di berbagai wilayah di belahan dunia dan sepenuhnya hidup di air, baik itu air tawar atau air laut, serta beberapa kura kura banyak menghabiskan hidupnya di daratan.

Jenis Kura Kura

Jenis bangsa kura kura


Di Indonesia sendiri kita mengenal bangsa kura kura dengan 3 jenis yakni 

Penyu

Penyu merupakan kura kura laut yang dapat dengan mudah ditemukan di hampir semua samudra di dunia.

Tidak seperti kura kura, kaki depan penyu berupa tungkai yang dapat membantunya berenang sebagai pendayung dan memberinya ketangkasan ketika berada di dalam air.

Penyu bernapas dengan menggunakan paru - paru olah karena itu walaupun sebagian hidupnya berada di dalam laut, mereka akan naik ke permukaan sesekali untuk mengampil napas.

Pada umumnya Penyu dapat bermigrasi dengan jarak tempuh yang cukup jauh hingga mencapai 3000 km.

  • Reproduksi Penyu
Penyu mempunyai siklus bertelur yang tidak tertentu antara rentang 2 hingga 8 tahun sekali, biasanya betina akan naik ke permukaan dan mencari pasir pantai dengan kondisi yang tenang, pencahayaan yang cukup untuk telur - telurnya.

Dalam sekali bertelur, penyu dapat menghasilkan hingga ratusan telur dalam lubang yang sebelumnya telah digali dengan menggunakan  sepasang tungkai belakangnya.

Yang menarik adalah tukik yang sudah menetas dan berenang dilaut, akan dapat kembali ke tempat ia dilahirkan dengan bantuan magnetism bumi.

Di indonesia sendiri, beberapa pantai telah mengembangkan balai penetasan antara lain di :

1. Pantai Selatan Jawa Barat
2. Pantai Selatan Bali ( dekat Kuta )
3. Kalimantan Tengah
4. Pantai Selatan Lombok
5. Dll

  • Jenis Penyu
Saat ini hanya terdapat 7 jenis penyu yang bertahan di dunia, antara lain

1. Penyu Hijau
2. Penyu sisik
3. Penyu Kemp's Ridley
4. Penyu Lekang
5. Penyu Belimbing
6. Penyu Pipih
7. Penyu Tempayan

Dari 7 jenis penyu tersebut hanya penyu Kemp's Ridley yang tercatat tidak pernah ditemukan di perairan indonesia.

Serta Penyu Belimbing merupakan Penyu terbesar dari 7 jenis tersebut dengan ukuran panjang mencapai 2,75 meter, dan penyu lekang merupakan penyu terkecil.

Diperairan indonesia paling banyak dan mudah ditemui adalah jenis penyu hijau.

Labi - Labi atau Bulus

Labi labi atau bulus merupakan salah satu jenis kura kura yang memiliki tempurung lunak serta bentuk moncong yang lancing atau mirip seperti babi.

berbeda dengan jenis kura kura lainnya, tempurung labi labi lebih lunak karena hanya terdiri dari tulang rawan yang dilapisi kulit tebal.

Mereka biasa hidup di perairan air tawar dengan berbagai warna yang bervariasi mulai dari hitam, abu atau kecoklatan.

Bulus banyak tersebar di kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia yakni di Samutra, Kalimantan, Jawa, Lombok, Sulawesi.

Mereka menyukai tempat dengan aliran air yang tenang dan berarus lambar seperti sungai, danau, kolam, dll dengan makanan utama mereka adalah ikan dan hewan kecil lainnya serta kerap kali bersembunyi di dalam lumpur atau pasir dasar perairan.


  • Reproduksi Labi Labi atau Bulus
Seperti kebanyakan jenis kura kura lainnya, labi labi atau bulus juga berkembang biak dengan cara bertelur dan akan menggali lubang dengan kaki belakangnya.

Dalam satu tahun, mereka dapat bertelur antara 3 sampai 4 kali dengan jumlah telur yang dihasilkan antara 10 sampai 30 butir dan masa inkubasi selama kurang lebih 60 hari.

  • Jenis Labi Labi
Di Indonesia kita mengenalnya dengan 5 jenis yaitu :

1. Bulus ( Amyda Cartilaginea )
2. Labi labi bintang
3. Labi labi hutan
4. Labi labi Irian
5. Labi labi raksasa

Saat ini labi labi populasinya tergolong rentan menurut IUCN sebuah lembaga internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam.

Karena banyak perburuan untuk dimakan dagingnya di berbagai belahan dunia termasuk masyarakat Tionghoa yang sangat menyukainya.

Kura Kura ( Tortoise )

Jenis yang ketiga adalah kura kura, biasanya sebutan kura kura ini mengacu pada kura - kura yang biasa hidup di darat dan berbeda dari penyu maupun labi-labi.

dengan berbagai kondisi yang hampir mirip dengan jenis kura kura lainnya, namun mempunyai umur hidup yang dapat dibilang lama.

Mereka biasanya memiliki 4 kaki lengkap dengan cakar, tempurung yang keras dan melembung naik seperti kura kura galapagos
  • Jenis Kura Kura
Saat ini terdapat beberapa jenis kura kura yang terdapat di berbagai dunia, walaupun beberapa jenis tidak dapat ditemui di indonesia, diantaranya adalah

1. Kura Kura Leher Ular
2. Chelydridae ( Tidak terdapat di Indonesia )
3. Kinosternidae ( Kura kura air tawar dan tidak terdapat di indonesia )
4. Dermatemydae ( Tidak Trdapat Di Indonesia )
5. Emydidae ( ada di Indonesia sebagai hewan peliharaan, tetapi tidak ada di alam liar kawasan indonesia )
6. Geoemydidae
7. kura kura darat sejati ( seperti kura kura galapagos, dll. Di indonesia terdapat spesies ini dan bernama baning sulawesi dan baning cokelat ).

Reproduksi Kura Kura

Hampir seluruh bangsa kura kura berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar, dan akan membuat atau menggali pasir pantai atau sungai dengan kaki atau tungkai belakangnya.

Telur yang dihasilkan juga bervariasi dari jenisnya, mulai dari puluhan hingga ratusan butir telur yang dihasilkan dan masa inkubasi yang beragam mulai dari 45 hari hingga 90 hari.

Panas matahari akan memberikan bantuan terhadap suhu di sekitar lubang telur, dan akan menentukan jenis kelamin kura kura muda tersebut.

Kebiasaan Hidup Bangsa Kura Kura

kura kura banyak tersebar dan hidup di berbagai habitat di seluruh dunia, mulai dari rawa, kolam, sungai, laut, gurun, padang rumput, dan beberapa hidup di akuatik.

Kura kura mempunyai berbagai sifat seperti ada yang pemakan tumbuhan, daging, bahkan keduanya.

Hampir kebanyakan dari mereka tidak memiliki gigi, namun di berkahi dengan moncong yang tebal dan kuat dan sanggup memotong makanan sebelum di cerna.

Bangsa kura kura tergolong reptil yang mempunyai rentang hidup yang lama, dan tercatat kura kura tertua yang pernah hidup selama 152 tahun merupakan kura kura darat sejati dari kepulauan Seychelles.

Itulah beberapa informasi terlengkap tentang kura kura yang telah kami rangkum untuk kalian, semoga bermanfaat, Terimakasih.

Tidak ada komentar untuk "Informasi Lengkap Tentang Bangsa Kura Kura"