Mengapa Reptil Menjadi Hewan Peliharaan Terbaik Untuk Anak

Memilih peliharaan terutama reptil untuk anak haruslah diperhatikan jenis dan tingkat keamanan serta perilaku reptil itu sendiri.

Anjing atau kucing merupakan hewan yang umumnya sangat populer untuk dipelihara, tetapi karena perawatan atau sesuatu hal yang terkadang membuat tidak nyaman pemilik.

Saat ini popularitas memelihara reptil di rumah melonjak naik dibanding beberapa tahun sebelumnya, mungkin karena terdapat beberapa contoh kartun atau film yang melibatkan contoh reptil tidak berbahaya.

reptil peliharaan terbaik untuk anak


Dengan begitu minat penonton menjadi tertarik memelihara reptil, terlebih anak - anak yang mempunyai rasa ingin tahu yang besar.

Selain itu terdapat beberapa kelebihan memelihara reptil dibanding hewan peliharaan yang murah lainnya.

Alasan Reptil Menjadi Hewan Peliharaan Terbaik Untuk Anak

Terkadang, melihat anak antusias terhadap reptil dan meminta orang tuanya untuk memeliharanya merupakan perasaan yang menghibur.

Hal ini juga bermanfaat untuk kita sebagai orang tua mengenalkan reptil terhadap anak, terlebih reptil yang dapat dijinakkan dan tidak berbahaya.

Dan berikut telah kami rangkum beberapa alasan dan fakta kenapa orang tua harus memilih reptil untuk peliharaan anak kita, apabila anak kita menginginkannya.

Teman Di Rumah

Kebanyakan orang tua mencari hewan peliharaan untuk menjadikannya teman bermain anak dirumah. Hal ini dapat bermanfaat dalam membantu tumbuh kembang anak agar lebih menyayangi binatang.

Membuat anak lebih terasa nyaman dirumah dan tidak sering keluar bermain saat siang hari, serta mendidik anak sejak dini bahwa sebenarnya tidak semua reptil itu berbahaya.

Reptil Dapat Hidup Lama

Seperti yang kita tahu beberapa reptil terkenal dapat hidup lama hingga puluhan tahun. contohnya seperti kura kura yang mampu hidup lebih dari 10 tahun dengan perawatan yang baik dan benar.

Bayangkan saja, melihat anak kita tumbuh besar seiring dengan hewan peliharaannya yang juga bertumbuh besar, itu akan membuat anak kita lebih antusias dalam merawat reptil.

Dapat Menjadi Ide Usaha Anak Setelah Dewasa

Seiring berkembangnya usia anak kita serta hewan reptil peliharaannya, hal ini dapat membantu anak menemukan ide untuk membuat usaha peternakan reptil.

Karena, kita sudah mengenalkan anak kita dengan reptil sejak dini, kemudian selama 5 tahun lebih anak kita mampu merawatnya dengan baik, dengan begitu setelah anak kita dewasa dan dengan kecintaannya memelihara reptil serta pengalaman memelihara reptil tertentu sejak dini.

Dapat membantu membuat peluang anak kita terjun ke dunia bisnis dengan menjadi peternak reptil dengan berbekal pengetahuan merawat reptil sejak kecil.

Memelihara Reptil Tidak Banyak Tuntutan

Salah satu alasan terbesar mengapa banyak orang memelihara reptil adalah karena tidak banyak tuntutan dalam memeliharanya.

Lanjutkan membaca artikel ini dan kalian akan menemukan beberapa fakta menarik bahwa reptil dapat menjadi hewan peliharaan yang mengagumkan untuk anak kita.

Hewan dengan Perawatan Yang Rendah

Meskipun lebih populer anjing dan kucing, tapi mereka membutuhkan perawatan dan banyak perhatian, sedangkan tidak untuk reptil.

Seperti bulu anjing dan kucing yang harus dijaga setiap saat, namun itu tidak akan berlaku bagi reptil yang hanya mempunyai sisik.

Mungkin anjing yang kurang kasih sayang dari pemiliknya dapat membuatnya depresi dan stress yang kemudian akan berperilaku tidak wajar atau buas.

Berbeda dengan reptil yang tidak memerlukan kasih sayang dari pemiliknya, cukup bersihkan kandang dan memberinya makan, karena itu merupakan hal umum dalam memelihara hewan.

Reptil Tidak Membutuhkan Banyak Ruang

Pada dasarnya mereka tidak membutuhkan banyak ruang, karena reptil jarang bergerak, oleh karena itu reptil sangat cocok sebagai hewan yang bisa dipelihara dikamar.

Apabila berniat memelihara memelihara reptil seperti kura kura yang dapat tumbuh besar dan raksasa, pertimbangkan menjualnya atau mendonasikannya karena kura kura yang tumbuh besar dapat menggali tanah dan merusak sistem air di rumah.

beberapa jenis kura kura yang dapat tumbuh besar adalah kura kura sulcata, tidak direkomendasikan untuk memeliharanya apabila masih pemula.

reptil peliharaan terbaik untuk anak
Kura Kura Sulcata

Dan untuk gecko, kita hanya perlu menyiapkan wadah plastik atau terarium kecil 20 galon sudah cukup.

Karena pada umumnya reptil tidak aktif bergerak layaknya anjing atau kucing yang membutuhkan banyak space untuk berlari dan bermain, reptil hanya membutuhkan tetap berada di lubangnya atau di bebatuan buatan.

Makanan Reptil Yang Mudah

Makanan yang dibutuhkan reptil tergolong mudah, cukup beri mereka serangga atau tikus jika memelihara ular besar.

Beberapa reptil juga memakan buah atau sayuran hijau seperti iguana hijau yang menyukai sayuran dengan warna hijau gelap dan untuk perawatan gecko cukup berikan makan serangga seperti jangkrik atau ulat hongkong yang harganya tidak mahal.

Dibeberapa toko hewan sudah tersedia secara komersial berbagai jenis makanan untuk jenis kadal ataupun kura - kura serta kandungan nutrisi didalamnya.

Agar reptil peliharaan semakin sehat setiap saat, jangan lupa memberi vitamin atau kalsium yang juga sudah tersedia di berbagai toko hewan.

Melatih Tanggung Jawab Anak

Tentu saja memelihara semua hewan memiliki tanggung jawab untuk merawat dan menjaga hidupnya, dan dalam hal ini reptil merupakan kandidat pelatih yang baik.

Karena terkadang anak - anak lupa untuk memberi makan atau membersihkan kandangnya dan konsekuensinya hewan akan menderita dan anak akan mengabaikan memeliharanya lagi.

Tidak ada hewan peliharaan yang harus diabaikan, dan reptil sangat cocok melatih bagaimana anak harus bertanggung jawab memelihara hewan peliharaan.

Karena reptil tergolong tahan dengan situasi dimana ketika anak kita lupa memberinya makan atau membersihkan kandangnya.

Namun, kita sebagai orang tua juga harus mengingatkan tanggung jawab tersebut kepada anak, karena reptil juga tidak dapat bertahan lama dengan situasi tersebut.

Meskipun terkadang orang tua yang turun tangan, untungnya perawatan reptil tidak sebanyak tugas ketika merawat hewan peliharaan lain seperti anjing ataupun kucing.

Menumbuhkan Minat Terhadap Dunia Alami

Reptil merupakan hewan yang eksotis dan indah dengan berbagai corak atau pola ditubuhnya yang beragam daripada kebanyakan hewan peliharaan lainnya.

Itu merupakan suatu daya darik tersendiri dan seringkali itu juga alasan beberapa acara di televisi menyiarkan tentang alam dan hewan yang hidup di dalamnya terutama dengan fokus terhadap reptil.

Pertunjukan alam terkadang merupakan paparan pertama anak kita antusias terhadap reptil dengan corak yang indah dan memberikan motivasi untuk menginginkan dan memiliki reptil tersebut.

Dengan ketertarikan tersebut, akan membuat anak kita belajar bagaimana habitat mereka yang sebenarnya, dari situlah akan muncul juga rasa suka atau mencintai alam secara keseluruhan.

Reptil Tidak Menunjukkan Banyak Risiko

Seperti kebanyakan hewan lainnya, reptil juga bisa menggigit, tetapi gigitan dari reptil yang akan saya rekomendasikan sebagai hewan peliharaan tidak akan banyak berpengaruh.

Dan untuk pemula atau anak tidak disarankan memelihara ular yang berbisa atau ular berukuran besar seperti sanca batik, dll.

Tetapi apabila memelihara ular jagung, gigitannya tidak akan banyak berpengaruh dan hanya akan memberi luka ringan terhadap anak.

Sejinak apapun hewan, pada dasarnya sifat mereka tidak bisa diprediksi, anjing atau kucing saat sedang menggit atau mencakar akan menimbulkan sakit yang luar biasa, tetapi hewan reptil yang akan saya rekomendasikan di akhir artikel tidak akan membuat cidera serius.

Reptil Tidak Berisik

Ini merupakan alasan paling sering mengapa reptil dijadikan hewan peliharaan, karena umumnya mereka cenderung banyak diam di kandang serta tidak menimbulkan banyak kegaduhan atau suara bising.

Bayangkan memelihara anjing, yang terkadang saat tengah malam menggonggong dengan kencang, atau kucing yang bersuara terus menerus.

Walaupun tokek atau katak terkadang membuat suara, tetapi itu tidak akan mengganggu orang yang berada di dalam rumah atau bahkan tetangga.

Reptil Sederhana Tetapi Menakjubkan

Sangat menarik untuk anak - anak atau bahkan orang dewasa, karena keunikan yang dimilikinya seperti corak atau pola di tubuhnya, atau chameleon yang dapat berubah warna dengan cepat sesuai dengan apa yang dsentuhnya.

Jangan pernah menolak anak yang ingin memelihara reptil, apabila permintaannya memelihara sesuatu yang berbahaya seperti ingin memelihara ular Boa, coba tawarkan bagaimana kalau diganti dengan ular jagung atau reptil lainnya.

Dan tetap edukasi anak terhadap keinginannya apabila ingin memelihara reptil yang tergolong membahayan bagi anak ataupun orang lain.

Rekomendasi Reptil Untuk Peliharaan

  • Bearded Dragon
  • Leopard Gecko
  • Crested Gecko
  • Ular Jagung
  • Ball Python
  • California Kingsnake
  • Red-Footed Tortoise
  • Russian Tortoise
  • Leopard Tortoise
  • Red-Eared Turtle
  • Painted Turtle
  • Common Musk Turtle

Tips Membeli Reptil Untuk Dipelihara

Dalam membeli reptil selain dari kesehatannya tentu saja juga dari darimana ia berasal. Ketika membelinya melalui petshop, biasanya mereka akan menjaga kesehatan reptil tersebut.

Apabila kita masih pemula dan ingin memelihara reptil, biasanya hasil penangkaran atau peternakan akan menjamin kesuksesan kita memeliharanya.

Hal ini karena reptil hasil penangkaran lebih mudah dijinakkan daripada reptil asli dari alam liar yang akan banyak mengalami strees ketika di tangkap dan dikirim.

Semua reptil atau hewan terkadang mempunyai penyakit tertentu, tapi risiko tersebut masih kecil kemungkinannya apabila hasil penangkaran daripada yang asli di alam liar.

itulah beberapa faktor alasan mengapa reptil menjadi hewan peliharaan terbaik untuk anak, cermati sebelum membeli dan pelajari tingkat kesulitannya sebelum memutuskan membawanya pulang.

Tidak ada komentar untuk "Mengapa Reptil Menjadi Hewan Peliharaan Terbaik Untuk Anak"