Tips Sukses Jual Produk Print On Demand

Bagi kalian yang sudah ataupun belum terjun dalam dunia bisnis, ada baiknya kalian menyimak tips berjualan produk print on demand di Indonesia yang saat ini banyak digemari.

Print On Demand artinya merupakan produk custom yang pengerjaanya sesuai dengan permintaan pelanggan dengan desain yang berbeda dengan yang sudah beredar dipasaran.

Tips Sukses Jual Produk Print On Demand

Produk custom yang dimaksud tidak mencakup semua barang seperti televisi ataupun lainnya, Namun hanyalah produk yang diatasnya atau dipermukaannya dapat di print dengan alat printer khusus.

Dengan kata lain barang yang termasuk dapat di custom printing antara lain Baju, Celana, Casing HP, Powerbank, Flashdisk, Topi, Mug, Tumbler, Kartu, Kalender, dll.

Namun seiring berkembangnya waktu, banyak pelaku usaha ataupun individu yang mulai terjun kedalam bisnis print on demand tanpa pikir panjang, dan tanpa ada kemauan untuk belajar.

Tips Berjualan Produk Print On Demand

Sesuai namanya Print On Demand, jadi hal yang harus ditonjolkan pertama kali adalah desain. Karena kunci kesuksesan usaha produk custom ini adalah desain yang tidak banyak beredar dipasaran atau dapat diartikan unik.

Dan berikut kami akan membagikan beberapa tips yang harus kalian perhatikan dalam menjalankan usaha print on demand, karena jika salah langkah kita sendiri yang bakal dirugikan.

1. Sesuaikan Produk Dengan Kebutuhan Pelanggan

Dengan print on demand, konversi menjadi sangat penting bahwa lebih penting dari dropship barang yang sudah banyak beredar dipasaran.

Biasanya para pelaku usaha print on demand menjual produk customnya dengan harga yang relatif tinggi, sehingga akan memudahkan kita dalam meraup keuntungan semaksimal mungkin.

Mengapa ? ini karena dengan produk custom merupakan produk dengan desain yang dapat menimbulkan reaksi emosional dari pelanggan. Dengan kata lain desain yang kita pakai merupakan gambar yang benar - benar diminati pelanggan.

Cara yang efektif untuk meningkatkan margin keuntungan adalah dengan melibatkan pelanggan dalam proses pembuatan produk dan membiarkan mereka menyesuaikannya sendiri sesuai kemauan mereka.

2. Gunakan Penetapan Harga Kustom Untuk Mendapatkan Lebih Banyak Penjualan

Sebenarnya ini merupakan cara lama, namun diluar sana masih terdapat pelanggan yang tidak mengetahui trik ini.

Yakni adalah dengan membuat harga mahal kemudian memberikan diskon, sehingga tampilannya seperti harga asli sedang dicoret dan terdapat harga diskon.

untuk kalian yang belum mengetahuinya ini merupakan trik untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar bahwa barang yang kita jual sebenarnya mahal, namun dikarenakan ada diskon jadi terkesan lebih murah.

Dalam dunia marketplace, hal ini sangat mudah ditemui hampir disemua produk, karena hal ini secara tidak langsung juga meningkatkan konversi pembelian walaupun tidak signifikan.

3. Gunakan Desain Desainer Untuk Meningkatkan Skala Toko

Mungkin banyak dari kalian yang cenderung tidak mau membayar sebuah desain dan hanya mencari di mesin pencari terkait desain yang menarik. Namun fakta ini sebetulnya salah.

Memang untuk Menjalankan produk custom desain adalah hal yang utama, dengan banyaknya gambar yang mudah di download membuat kita semakin terlena dan tidak mau membeli desain.

Disinilah letak perbedaan toko print on demand pemula dan yang profesional atau lanjutan. Untuk benar - benar dapat meningkatkan skala toko diperlukan desain yang benar - benar bukan pasaran.

Para pelaku bisnis print on demand lanjutan lebih mementingkan desain sehingga memungkinkan meningkatkan konversi lebih banyak daripada gambar yang mudah di temui di pinterest atau fan art lainnya.

Cobalah beralih dengan membeli member di salah salah situs desain ternama seperti shutterstock ataupun tempat lainnya, yang memiliki desain - desain keren yang tidak banyak beredar.

4. Jangan Gunakan Fan Art Dalam Print On Demand

Bagi pemula, menemukan desain fan art yang menarik mata akan membuat mereka seolah - olah menemukan ladang emas. Tapi sebenarnya cara ini salah, karena ini merupakan tindakan ILEGAL.

Menjual kembali karya seni orang yang sudah terdapat hak ciptanya dan logo dagangnya merupakan tindakan yang dilarang keras.

Lucunya sangat umum melihat orang menggunakan fan art untuk kustom produknya. karena sudah jelas terdapat larangan yang menyebutkan bahwa " konten Fan Art tidak boleh diperjual belikan " .

Meskipun mungkin penjualan yang memakai desain fan art terdapat jutaan penggemar yang siap membeli hingga menjebak kita dalam situasi yang sangat sulit.

INGAT !!, mungkin penjualan dengan desain fan art terlihat menggiurkan, namun itu bukan berarti baik - baik saja. Pada akhirnya apa yang sudah kita bangun ditutup begitu saja hanya karena salah satu desain produk kita menggunakan fan art.

5. Gunakan Pinterest Untuk Menemukan Desain Unggulan

Dan tips yang terakhir adalah menemukan desain unggulan di pinterest dengan cara sederhana namun licik untuk menemukan desain pemenang.

Pinterest merupakan tempatnya gambar - gambar dengan berbagai desain yang simpel sampai yang rumit.

Sederhananya silahkan ketik di bilah pencarian pinterest apasaja, contoh " Tato Kopi " dan akan muncul hasilnya.

Dari sini saya sudah dapat menduga bahwa kalian akan mulai melihat - lihat gambar dengan scroll kebawah sampai menemukan desain yang menarik.

TAPI, cara itu salah. Hal pertama yang harusnya kalian perhatikan 10 gambar pertama yang muncul. Karena 10 gambar pertama itulah yang paling banyak diminati oleh orang - orang yang sedang mencari gambar tato kopi.

Daripada kalian mencari kebawah lagi untuk mencari gambar yang lebih menarik, gunakan saja 10 gambar pertama yang muncul.

Karena apa yang kalian anggap menarik belum tentu sama dengan orang lain, dan biasanya mesin pencari bekerja berdasarkan gambar yang paling banyak diminati oleh orang - orang, semakin kebawah semakin tidak ada peminatnya walaupun gambarnya terlihat bagus sekalipun.

Itulah beberapa tips yang dapat kalian jadikan pedoman dalam menjalankan bisnis print on demand. Sengaja saya tidak memberikan tips seperti main di niche atau tema yang lebih spesifik karena saya yakin kalian sudah banyak membaca tips seperti itu.

Dan untuk kalian yang tertarik dalam bisnis ini, yuk simak cara memulai bisnis print on demand sebelum melangkah lebih lanjut karena terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

Akhir kata, semoga tips sukses berjualan produk print on demand diatas dapat membantu pemahaman kalian dalam bidang custom printing. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar untuk "Tips Sukses Jual Produk Print On Demand"